Walikota : “ Jangan Ada Istilah Pengurus-Pengurusan”

MATARAMnews – Pemberian bantuan modal bersumber dari uang rakyat untuk rakyat, merupakan amanah, sehingga perlu ada keterbukaan, kejujuran dan keihlasan dari para pengurus. “Karena itu jangan sampai ada istilah pengurus-pengurusan,” ingat Walikota Mataram H.Ahyar Abduh dalam acara pemberian bantuan modal bagi enam Baitul Mall Watamill (BMT) perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Kota Mataram di ruang kenari lingkup kantor Walikota setempat, Rabu (26/10/2011).

{xtypo_info} FOTO: Walikota serahkan bantuan modal bagi enam Baitul Mall Watamill (BMT) perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Kota Mataram di ruang kenari lingkup kantor Walikota setempat, Rabu (26/10/2011) {/xtypo_info}

Sebaliknya lanjut Walikota, pengurus harus mampu mengelola bagaimana dana yang diberikan mampu dikelola agar bisa terus bertambah. Serta melakukan pembinaan secara berkesinambungan. Selain pembinaan modal juga harus ada pembinaan mental, spiritual, pemasaran, serta pembinaan lingkungan yang tidak kalah pentingnya.

Menurut beliau, PAD Kota Mataram saat ini mencapai Rp52 miliar dan sebesar-besarnya akan dikembalikan ke masyarakat melalui program ekonomi kerakyatan (PER) yang akan terus berlanjut. “PER adalah program yang dinilai tepat sasaran untuk menekan angka kemiskinan di Kota Mataram yang jumlahnya cukup tinggi,” katanya.

Sebelumnya Ketua Tim Persiapan Lembaga Ekonomi Produktif Keuangan Berbasis Tempat Ibadah Kota Mataram, H. Husnan Ahmadi menyampaikan bantuan yang diberikan ke BMT masing-masing sebesar Rp25 juta bersumber dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Mataram, dalam bentuk pinjaman tanpa bunga, dengan sistem pengembalian dicicil selama tiga tahun. “Program ini lebih pada pemberian proses penyadaran terhadap tanggung jawab yang telah diberikan. Dengan harapan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk peningkatan usaha,” Jelasnya.

Enam BMT yang mendapatkan bantuan modal meliputi,  BMT Al-Rahmah Sweta Kecamatan Sandubaya,  BMT Qubbatul Islam Seganteng Kecamatan Cakaranegara, BMT Darul Arrqom Kelurahan Punia Kecamatan Mataram, kemudian BMT Baitul Rahim Suradadi Barat Kecamatan Selaparang, selanjutnya BMT Al-Abror Sukaraja Barat Kecamatan Ampenan dan BMT Al-Istiqomah Kelurahan Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela.

Selain penyerahan bantuan modal bagi BMT, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba semarak Ramadhan, yakni kepada Masjid Nurul Huda, Lingkungan Batu Ringgit Selatan Kelurahan Tanjung Karang, kemudian Masjid Haqul Yaqin Lingkungan Batu Raja Ampenan Utara dan Masjid Raudatul Abror Lingkungan Babakan Kebon Kelurahan Babakan Sandubaya. Serta penyerahan hadian bagi pemenang Lomba Cindramata Khas Mataram. Tema cendramata peresean berhasil keluar menjadi juara satu, kemudian tema gendang beleq dan bros perak mutiara dari pengrajin Sekarbela.

Penyerahan bantuan modal serta hadiah diberikan langsung oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh yang disaksikan oleh seluruh pejabat lingkup Kota Mataram.

(Rilis Humas Pemkot Mataram : Nnir/Foto Dedy)

Bagikan :