Tekan Kejahatan dan Amankan SEA Games, PMJ Gelar Operasi Sikat Jaya

MATARAMnews  (Jakarta) – Dalam rangka mengurangai dan menekan angka kejahatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya (PMJ) sekaligus dalam mengamankan pesta SEA Games ke XXVI, PMJ gelar Operasi Sikat Jaya.

 

{xtypo_info} FOTO : Kepala Bidang Humas PMJ Kombes Baharudin Djafar {/xtypo_info}

Kepala Bidang Humas PMJ Kombes Baharudin Djafar didampingi Kepala Biro Operasi PMJ Kombes Agung Budi M dan Direktur Kriminal Umum PMJ, Kombes Gatot Edy P, di Jakarta, Selasa (1/11/2011) mengatakan, upaya meminimalisir dan menekan angka kejahatan di wilayah hukum PMJ terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar Operasi Sikat Jaya. Operasi ini juga untuk mengamankan jalannya even SEA Games. Operasi Sikat Jaya dilakukan mulai tanggal 1 hingga 30 Oktober 2011. “Hasilnya, sangat bagus. Sebab, Target Operasi (TO) nya berhasil hingga 96,2 persen,” kata Baharudin.

Menurut Agung, selama kurun waktu sebulan digelarnya Operasi Sikat Jaya, dari 65 TO (TO PMJ dan seluruh Polres yang ada, red) terungkap 63 kasus dan hanya dua TO yang belum terungkap, yaitu satu TO Polrestro Jakarta Pusat dan satu TO Polrestro Jakarta Selatan. Semenetra non TO mencapai 832 kasus yang terungkap.

Ditambahkan Agung, dari ratusan kasus baik TO maupun non TO tersebut, didapatkan tersangka lebih dari 1000 orang. Untuk TO tersangkanya sebanyak 74 orang, sedangkan non TO sebanyak 1.588 orang. Tersangka yang ditangkap sebanyak 1.662 orang, yang ditahan 958 orang, dan yang dibina sebanyak 704 orang,” terangnya.

Dari sejumlah tersangka, kata Agung, didapatkan beragam Barang Bukti (BB), yaitu 13 pucuk Senpi, 124 bilah Sajam, 136 unit Ranmor roda dua, 22 unit Ranmor roda empat, 192 buah HP, 136 botol miras, enam kardus dan satu plastik Ciu. Selain itu, juga didapatkan 136 alat judi, 237 kunci leter T, linggis, gunting besar, obeng, kaca spion, tabung gas, pompa duf, serta baju, celana dan lain-lain.

“Langkah-langkah antisipatif terus dilakukan sehingga kondusifitas dapat tercipta. Terlebih lagi saat dilaksananya SEA Games. Rasa aman dan nyaman masyarakat tetap diperhatikan,” tambah Gatot.

(Laporan : Deo | Jakarta)

Bagikan :