Pemdes Kuta Bakal Gelar Karnaval Bau Nyale Tandingan

MN, LOTENG — Pemerintah Desa (Pemdes) Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng) akan melaksanakan kegiatan Karnaval Pesona Bau Nyale 2019 Tandingan, pada tanggal 24 Februari 2019 mendatang.

Panitia ditingkat Kabupaten Loteng dan Provinsi NTB dalam rapat beberapa hari lalu rencannya akan melaksanakan Karnaval Pesona Bau Nyale 2019 di Kota Praya.

“Pelaksanan Karnaval Bau Nyale akan diadakan sama dengan tahun kemarin, di kota Praya. Kami di Desa Kuta bersama Desa Tetangga akan menggelar karnaval Bau Nyale Tandingan,” tegas Kepala Desa Kuta, Mirate.

Didampingi Ketua Forum Kadus Desa Kuta/Ketua Badan Keamanan Desa Kuta, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kuta dan Kadus Ujung meminta kepada Panitia Kabupaten dan Provinsi NTB untuk melaksanakan Karnaval Pesona Bau Nyale 2019 di Desa Kuta.

“Karnaval itu untuk promosi pariwisata, kalau dilaksanakan di Kota Praya, siapa yang mau nonton. Karenanya kami mohon Karnaval Bau Nyale dilaksanakan di Desa Kuta, sehingga masyarakat luar bisa mengetahui langsung lokasi Bau Nyale. Tahu dan bisa melihat secara langsung Pantai Seger,” harap Mirate.

Sedangkan Ketua Forum Kadus Kuta, Abdul Sukur, mengatakan dalam waktu dekat, Pemdes Kuta akan segera membentuk Panitia Bau Nyale ditingkat Desa.

“Minggu ini, kami akan membentuk panitia ditingkat desa,” ungkapnya.

Pemdes Kuta berharap pada pelaksanaan kegiatan pra puncak dan pasca Core Event Pesona Bau Nyale 2019, Panitia Kabupaten dan Provinsi NTB melibatkan panitia yang ada ditingkat desa dalam setiap kegiatan, sehingga kegiatan pra, puncak dan pasca Core Event Pesona Bau Nyale 2019 berjalan aman, nyaman, tertib dan lancar, serta manfaat atau dampaknya dirasakan langsung oleh Masyarakat.

“Jangan seperti tahun kemarin, panitia di desa hanya dijadikan penonton saja, tetapi kalau ada masalah, yang disalahkan panitia di desa. Untuk itu mohon Panitia di tingkat kabupaten dan provinsi melibatkan panitia di desa,” pinta Abdul Sukur.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muhamad Putria mengatakan, lokasi pelaksanaan Karnaval Pesona Bau Nyale 2019 tidak perlu didebatkan, karena hajatan dari Karnaval Pesona Bau Nyale 2019 itu untuk meningkatkan daya saing destinasi pariwisata dan sebagai ajang promosi.

“Budaya Bau Nyale ini sudah menjadi Top Event berkelas Internasional, jadi semua pihak harus mengemas Core Event Bau Nyale ini sehingga layak ditampilkan ditingkat Internasional. Karnaval itu tujuannya promosi, yang namanya promosi bisa saja dilaksanakan di Jakarta, atau di Mataram,” tandas Putria. –(mn-08)