TP. PKK NTB Sosialisasikan Program Ke Kota Mataram

MataramNews – Bertempat di ruang kenari lingkup kantor Walikota Mataram, Jumat (30/9) Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi NTB menggelar sosialisasi program kepada semua pengurus TP. PKK Kota Mataram tingkat kecamatan dan kelurahan. Sosialisasi disampaikan langsung oleh Ketua Pokja III TP. PKK Provinsi NTB, Ny. Hj. Titik Suharto yang sebelumnya dibuka oleh Ketua Pokja III TP. PKK Kota Mataram, Hj. Ernawati Makmur Said.

Dalam kesempatan itu, Hj. Ernawati minta kepada semua anggota TP. PKK Kecamatan dan Kelurahan agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi program PKK dari Provinsi tersebut. Agar berbagai program yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar sesuai dengan perencanaan. “Kami sangat berterimakasih kepada PKK Provinsi atas apresiasinya kepada Kota Mataram,” katanya.

{xtypo_info}FOTO: Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi NTB menggelar sosialisasi program kepada semua pengurus TP. PKK Kota Mataram tingkat kecamatan dan kelurahan{/xtypo_info}

 

 

Dalam pemaparannya, Hj. Titik Soharto menyampaikan tiga program yang ditangani yakni bidang pangan, sandang dan bidang perumahaan serta tata laksana rumah tangga. Adapun permasalahan yang dihadapi dalam bidang pangan adalah masih kurangnya kader pangan dan maraknya jajanan anak sekolah yang mengandung bahan tambahan pagan berbahaya. Rencana pemecahan solusi antara lain mengadakan pelatihan kader pangan, sosialisasi dan penyuluhan bagi anak sekolah, orangtua, guru dan pedagang jajanan serta membudidayakan kegiatan pemanfaatan pekarangan di sekolah dengan memanfaatkan anak didik.

Sedangkan dalam bidang sandang dengan melakukan pengembangan home industry sandang, masalahnya kesulitan hak paten, solusi PKK menjalin kerjasama dan pendekatan dengan Dekranasda. Meningkatkan rasa kesadaran Cinta Produk Dalam Negeri dengan permasalahan produk dalam negeri kalah bersaing dengan produk luar, solusi dengan peningkatan kualitas produk dalam negeri melalui lomba cipta kreasi busana berbahan baku lokal dan inventarisasi motif daerah.

Terakhir bidang perumahan dan tata laksana rumah tangga, yakni rumah sehat layak huni. Masalahnya masih adanya rumah kurang sehat dan tidak layak huni, serta kurangnya pemahaman masyarakat. Solusinya antara lain pemugaran rumah, sosialisasi, embinaan dan penyuluhan. “Tiga program yang rutin dilaksanakan adalah, lomba masak menu serba ikan, lomba masak menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman (3BA),” paparnya.

Usai memaparkan berbagai program kerja PKK,  TP.PKK Provinsi membagikan resep kreasi olahan singkong menjadi onde-onde dan roti gulung, dimaksudkan agar masyarakat tidak hanya bisa mengolah singkong dengan cara direbus atau digoreng saja.

(Rilis Humas Pemkot Mataram: Nir/Ffoto: Dedi)

{jcomments on}