Mangga Mentaram Go Internasional

MATARAMnews – Varietas unggulan Kota Mataram berupa buah mangga dengan jenis Mangga Mentaram dalam waktu dekat ini akan go internasional. Pasalnya, varietas unggulan Kota Mataram yang sudah mendapat sertifikat tahun 2009 sudah dilakukan panen perdana di Jalan Panjitilar, Kekalik Kota Mataram, Selasa (15/11/2011). Panen perdana dilakukan Ketua TP. PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh di damping Hj. Ernawati Makmur Said dan Hj. Herlina Efendi Eko Saswito, serta di hadiri Ketua GOW Kota Mataram, ND. Kinnastri Roliskana.

{xtypo_info} Foto : Ketua TP. PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, dalam panen perdana mangga mentaram {/xtypo_info}

Dalam kegiatan panen perdana itu , Ketua PKK mengakui keunggulan Mangga Mentaram tersebut, dari segi bentuk yang menarik, bau yang harum serta daging buah yang tebal tanpa serat biji yang tipis serta rasa manis. “Diharapkan, panen perdana ini jadi satu langkah awal untuk mempromosikan varietas Kota Mataram ke luar daerah bahkan ke pasar Internasional,” himbaunya.

Sementara anggota tim penelitian teknologi pertanian Universitas Mataram (Unram) bu Zaenuri mengatakan, sample Mangga Mentaram ini direncanakan akan di kirim pasar di Ibukota dan  luar negeri yakni Hongkong dan Singapore. Namun demikian, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan penelitian bersama tim peneliti dari Australia, BPTP (Balai Penelitian Teknologi Pertanian) dan Dinas Pertanian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas Mangga Mentaram, salah satunya daya tahan sejak di panen. “Karena jika dikirim ke luar negeri dengan menggunakan transportasi darat akan memerlukan waktu sekitar dua minggu. Untuk itu kualitas mangga yang akan kita kirim, harus benar-benar super,” jelasnya.

Di samping itu jika hasil penelitian menunjukan hasil yang memuaskan,  Pemerintah Kota Mataram harus segera memasyarakatkan jenis mangga tersebut, sehingga hasilnya benar-benar mampu memenuhi pasar dalam dan luar negeri dalam jumlah besar. “Kondisi ini tentu menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Sekertaris Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan Kota Mataram Safti Haryana mengungkapkan, jika Mangga Mentaram bisa tembus ke pasar dalam dan luar negeri Pemkot Mataram menyatakan siap. Pasalnya, tahun 2011 ini pihaknya telah melakukan pembibitan dengan metode sambung pucuk sebanyak 900 pohon. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya 500 bibit, karena akan didistribusikan ke penangkar untuk dibudidayakan. Sedangkan bibit-bibit tahun sebelumnya hanya didistribusikan untuk SKPD, kecamatan, kelurahan dan lingkungan. “Kalau bibit dirawat dengan baik, dalam rentan satu tahun hingga dua tahun sudah bisa panen,  satu pohon diperdiksi bisa menghasilkan 1-2 kwuintal,” ungkapnya.

(Laporan : Nir/yudi foto Humas Pemkot Mataram)

Bagikan :