Menu Ayam Taliwang

Menu Ayam TaliwangAYAM TALIWANG salah satu pusaka makanan khas Lombok, makanan khas ini sudah tak asing bagi yang suka makanan pedes. Ayam berbumbu pedas ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Oleh karena itulah masyarakat Lombok menyebutnya Ayam Taliwang.

Uniknya, ayam digunakan sebagai bahan dasar kuliner ini adalah ayam kampung muda yang baru berusia 3-5 bulan. Ukurannya pun mungil seperti burung puyuh, tapi rasanya menggigit, apalagi bumbu pedasnya. Kuliner pusaka negeri ini sudah sangat terkenal di Indonesia, di Jakarta sendiri, sudah banyak resto-resto yang menyajikan menu Ayam Taliwang. Jika ingin membuat Ayam Taliwang sendiri di rumah, berikut ini resepnya.

Bahan: 1 ekor ayam kampung, belah dadanya tidak putus, tekan agar melebar 1 3/4 sendok teh air jeruk limau 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus: 5 buah cabai merah 4 buah cabai rawit 10 butir bawang merah 5 siung bawang putih 2 buah tomat 1 sendok teh terasi 5 cm kencur 2 sendok teh gula merah 1 sendok makan garam 7 sendok makan untuk menumis

Cara Membuat: 1. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan air jeruk limau, Angkat. 2. Oleskan permukaan ayam dengan minyak goreng. Bakar ayam sampai kecokelatan. 3. Tusuk-tusuk ayam lalu oles dengan bumbu. 4. Bakar sampai matang. Sajikan dengan menyiram air jeruk limau.

Plecing Kangkung

Menu Pelecing Kangkung LombokTidak lengkap menyicipi Ayam Taliwang jika tidak ditemani oleh Plecing Kangkung. Makanan khas ini begitu menggoda selera karena terbuat dari kangkung Lombok yang berbeda dengan kangkung di daerah lain. Kangkung Lombok ini biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, inilah yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah. Teksturnya lebih lembut dan warnanya hijau muda segar, sehingga akan menimbulkan sensasi berbeda ketika mengunyahnya apalagi dipadukan dengan bumbu yang super pedas.

Untuk membuat Plecing Kangkung, kangkung terlebih dahulu direbus, kemudian disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, bisa juga diberi tetesan jeruk limau. Sebagai pendamping Ayam taliwang, Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Untuk membuat Plecing Kangkung, ikuti resep berikut ini.

Bahan yang Dihaluskan: 10 buah cabai merah, bakar. 4 buah cabai rawit, bakar. 1 sdt terasi, bakar. 5 buah kemiri, bakar. 1 sdt garam. 1 sdm minyak goreng. 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya.

Cara Membuat: Campur semua bumbu yang dihaluskan,beri minyak goreng dan air jeruk nipis, aduk hingga rata. Hidangkan sambal dengan kangkung rebus.

(gs/tourismnews)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !