Misi IRIS akan melihat bagaimana dan mengapa suhu bervariasi di seluruh matahari. (NASA / TRACE)

Salah satu dari beberapa hal yang Anda mungkin telah belajar tentang matahari di sekolah dasar dan akibatnya diingat adalah pada matahari, hidrogen menjadi helium dibangun pada suhu jutaan derajat. Tapi satu hal yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa seluruhnya itu bukan jutaan derajat.

Sebagaimana yang dirilis oleh berita ABCnews (27/6/13) bahwa salah satu proyek terbaru NASA adalah untuk mencari tahu bagaimana dan mengapa itu. Diluncurkan Kamis malam, Interface Region Imaging Spectrograph (IRIS) dilengkapi dengan teleskop yang akan mengambil gambar matahari setiap lima detik. Daripada hanya sebuah foto standar, gambar teleskop akan dapat menyaring apa yang dilihatnya berdasarkan suhu. Ini telah disesuaikan untuk digunakan antara 5.000 dan 65.000 derajat Kelvin, meskipun juga dapat mengambil foto dari jilatan api matahari yang dapat mencapai hingga 10 juta Kelvin. “Ya, itu benar-benar panas”.

Tidak seperti Bumi, di mana area di lapisan yang sama dari atmosfer sekitar suhu yang sama, suhu matahari bervariasi secara luas bahkan dalam setiap lapisan heliosphere. Tidak hanya perbedaan suhu yang besar, tetapi perbedaan kepadatan yang besar ada juga, dengan beberapa daerah heliosphere satu juta kali lebih padat daripada yang lain.

Salah satu alasan utama untuk distribusi ini tidak merata panas dan massa adalah turbulensi konstan berputar naik dan turun antara berbagai lapisan heliosphere. NASA ingin citra IRIS terhadap arus ini setepat mungkin. Selain teleskop spektrograf yang akan memindai matahari setiap detik.

Grafik (spektrum) yang menghasilkan menunjukkan berapa banyak dari setiap panjang gelombang cahaya tertentu terlihat pada suatu titik waktu tertentu. Ketika spektra digunakan dalam hubungannya dengan gambar teleskop, NASA akan dapat melacak bahan surya ketika bergerak di sekitar dan melihat kapan dan di mana itu mengambil panas dan energi.

IRIS diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base di California sekitar pukul 10.20 pm ET.

(gs/abcnews/translate google)






Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !