KKP Kucurkan Bantuan Rp 5,8 Miliar Kepada Kelompok Nelayan

MATARAMnews (Mataram) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengucurkan bantuan dana pengembangan untuk program peningkatan kehidupan nelayan kepada 58 kelompok nelayan di 8 kabupaten/kota di NTB sebesar Rp5,8 miliar.

 

{xtypo_info} Foto : Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarif C. Sutardjo {/xtypo_info}

Penyerahan langsung diberikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarif C. Sutardjo di dampingi Wakil Gubernur NTB, Ir Badrul Munir, Bupati Lombok Tengah, Suhaeli FT kepada tiga orang perwakilan kelompok nelayan di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (16/11/2011).

Ke delapan kabupaten/kota yang memperoleh bantuan itu, adalah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, Sumbawa, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. Masing-masing kelompok mendapatkan kucuran dana sebesar Rp100 juta.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarif C. Sutardjo, mengatakan KKP pada 2011 meluncurkan program PUMP dan program pemberdayaan serta pengentasan kemiskinan yang salah satunya dialokasikan bagi masyarakat nelayan di seluruh Indonesia. Program PUMP yang diluncurkan terbagi dua, yakni PUMP Perikanan Tangkap dan PUMP Perikanan Budidaya.

Dikatakannya, seluruh bantuan diserahkan sebagai upaya KKP menggalakan pengentasan kemiskinan sektor kelautan dan perikanan melalui peningkatan produksi dan produktivitas usaha perikanan skala mikro. “Di tahun ini sudah 300 kabupaten/kota dari 33 provinsi di Indonesia telah diberikan bantuan tersebut,”kata Syarif.

Dimana lanjut, Syarif dana bantuan itu telah diserahkan kepada 1.240 kelompok nelayan. Dimana dana bantuan yang di berikan itu, sebagai modal budidaya ikan dan pengadaan ataupun pembelian sarana budidaya ikan.

Diakuinya, kendati anggaran yang di alokasikan pemerintah pusat melalui KKP masih terbilang cukup kecil. Namun, kedepan KKP akan berupaya meningkatkan jumlah bantuannya kepada nelayan termasuk kedepan pemberian perumahan bagi nelayan berkategori miskin. “Dari 30 juta jumlah penduduk miskin di Indonesia 30 persen adalah masyarakat nelayan. Karena itu, tahun 2013 angka tersebut harus ditekan,”ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan dalam kunjungannya ke Lombok itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarif C. Sutardjo beserta rombongan diantaranya, Dirjen Budidaya dan Dirjen Perikanan Tangkap juga menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah kelompok nelayan Lombok Tengah dan meninjau lokasi budidaya udang Lobster yang terletak di Teluk Gerupuk.

(Laporan : Iman | Mataram)

Bagikan :