Lomba UP2K, PHBS dan Evaluasi Administrasi PKK Ajang Pembelajaran

MATARAMnews – Tiga kegiatan yang saat ini diikuti TP. PKK Kota Mataram yakni Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pola Hidup Bersih, Sehat (PHBS) Lingkungan Bersih (LBS) dan Lomba Poksus (Kelompok Usaha khusus) tingkat Provinsi NTB merupakan salah satu proses pembelajaran bagi PKK Kota Mataram. “Oleh karena itu anggota PKK jangan sampai malu bertanya terhadap hal-hal yang dibutuhkan kepada tim juri guna lebih meningkatkan kinerja PKK ke depan,” demikian dilontarkan Ketua TP. PKK Kota Mataram, HJ. Suryani Ahyar Abduh saat menerima tim penilai Lomba Administrasi PKK Tingkat Provinsi NTB, di Kantor Lurah Cakranegara Barat Kecamatan Cakranegara, Jumat (18/11).

{xtypo_info} Foto : Ketua TP. PKK Kota Mataram, HJ. Suryani Ahyar Abduh (tengah) {/xtypo_info}

Ia mengatakan, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin memberikan bimbingan dan pembinaan bagi anggota PKK mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga ke lingkungan. Terkait dengan  itu, Ketua PKK Kota Mataram berharap agar pihak panitia bisa memberikan penilaian yang obyektif serta bimbingan kepada anggota PKK di Kota Mataram.

Sementara  Tim Penilai Lomba sekaligus Sekertaris PKK Provinsi NTB Suprihatin yang didampingi rekannya Hj Maya S mengatakan, kegiatan lomba administrasi PKK ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada anggota PKK agar dapat menyusun administrasinya sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-7 tahun 2010.  “Maju mundurnya sebuah organisasi  tergantung dari bagimana pengelolaan administrasinya,” paparnya. Ia mengatakan, pemenang dari tiga lomba tersebut akan menjadi perwakilan NTB untuk mengikuti lomba tingkat nasional, sementara penghargaan akan diberikan pada saat peringatan puncak hari gerak PKK tahun 2011. Usai menerima tim penilai di Kantor Lurah Cakranegara Barat, Ketua PKK Kota Mataram yang didampingi Hj. Ernawati Makmur Said melakukan pemantauan ke lomba Lomba Poksus di Kelurahan Pagutan Barat, serta PHBS d Lingkungan Banjar Kelurahan  Dasan Agung.

Acara Penilaian lomba Lingkungan Banjar dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Mataram Ny. ND. Kinnastri Roliskana, dan di dampingi oleh Beberapa Pengurus TP PKK dan Kader-kader PKK Kota Mataram. Tim Penilai yang datang di pimpin oleh Sekretaris Tim Penilai Dra. Gita Suciati S.Apt di dampingi oleh anggota tim Penilai Lomba PHBS dan PHS tingkat Propinsi NTB.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua TP PKK Kota Mataram mengatakan, bahwa Lingkungan Banjar ini adalah merupakan Lingkungan Percontohan untuk lingkungan Bersih karena telah melaksanakan Program gerakan mencuci tangan dengan sabun dan sedang menjalankan Program LISAN yaitu Lingkungan dengan Sampah Menuju Nihil, dengan membentuk Kader-kader LISAN yang dari mulai habis Subuh telah melakukan pengawasan terhadap sampah-sampah Masyarakat dan memilah antara sampah yang bisa dijadikan pupuk kompos dan menjual sampah-sampah plastik yang nantinya hasil penjualan untuk membeli Raskin untuk Masyarakat. “ Terima Kasih Kepada Tim Penilai Lomba PHBS dan PHS, Semoga dapat memberikan Penilaian seobjektif mungkin, dan semoga Kota Mataram meraih juara” tambahnya.

Dalam Sambutannya Sekretaris Tim Penilai Lomba PHBS dan PHS Provinsi NTB mengatakan, Bahwa ini adalah tahun ke 4 diadakannya Lomba ini, Lomba PHBS dan PHS ini diharapkan bisa menjadi Evaluasi dari apa yang telah dilakukan TP PKK mulai dari tingkat Lingkungan sampai pada tingkat pusat,dan dapat meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan Masyarakat Indonesia, “Semoga dengan adanya Lomba PHBS dan PHS ini, juga memberi dampak yang baik bagi masyarakat dan generasi-generasi selanjutnya untuk dapat bersaing dengan negara lain” terangnya. Diakhir sambutanya Ny. Gita Suciati menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Mataram dan Lingkungan Banjar Khususnya yang telah mengikuti kegiatan lomba ini, dengan adanya Program unggulan yang di munculkan seperti Program LISAN, semoga banyak lagi kegiatan-kegiatan yang di munculkan Masyarakat untuk tercapainya indeks pembangunan Masyarakat yang lebih baik.

Di akhir acara Tim Penilai Lomba PHBS dan PHS Propinsi di dampingi ibu Wakil Ketua dan Anggota TP PKK Kota Mataram melakukan peninjauan ke beberapa tempat di Lingkungan Banjar Kelurahan Dasan Agung Baru.

(Laporan : Nir/Foto Yudi Humas Pemkot Mataram)