Pemkot Mataram Launching Program Membumikan Al-Quran

MATARAMnews – Bertempat di aula lantai tiga kantor Walikota Mataram, Sabtu (19/11) Walikota Mataram H. Ahyar Abduh launching program membumikan Al-Quran sekaligus membuka penataran metodelogi Al-Quran paket A Ustaz/Ustazah  TKA/TPA se Kota Mataram yang digelar oleh Forum Silaturrahmi TKA/TPA Kota Mataram. Walikota Mataram, menilai program membumikan Al-Quran tersebut merupakan program yang ditunggu-tunggunya. Pasalnya dengan adanya program ini akan menjadi motivasi menghidupkan tradisi Magrib Mengaji di Kota Mataram.

{xtypo_info} Foto : Walikota Mataram H. Ahyar Abduh launching program membumikan Al-Quran {/xtypo_info}

Terkait dengan itu Walikota menaruh harapan besar terhadap Forum Silaturrahmi TKA/TPA untuk melakukan pembinaan agar anak didik mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, sekaligus mampu menghayati serta diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari menuju peningkatan iman daan takwa serta kesejahteraan masyarakat. “Saya juga berharap forum ini dapat membina satu kelurahan satu TKA/TPA secara khusus sehingga pendanaan dan pembinaan bisa jelas,” katanya.

Walikota menambahkan, dari kegiatan forum ini juga diharapkan mampu menjadi wadah mencetak bibit-bibit qori-qoriah yang dapat diandalkan Kota Mataram. Sehingga ke depan Kota Mataram mampu menunjukkan kemampuannya dalam setiap even baik di tingkat daerah maupun nasional bahkan internasional.  Di samping itu, Walikota mengingatkan kepada peserta panataran metode pembelajaran Al-Quran paket A  dapat mengikuti sebaik-baiknya, mengingat kegiatan itu memiliki manfaat yang sangat besar.

Ketua Forum Silaturrahim  TKA/TPA Kota Mataram Nasruddin Buhori menjelaskan, pembentukan forum ini salah satunya bertujuan agar semua warga Kota Mataram gemar serta mampu membaca Al-Quran seperti tahun-tahun sebelumnya sekaligus mampu mencerminkan moto Kota Mataram yang Maju, Religius dan Berbudaya.

Pada tahap awal ini Forum Silaturrahim  TKA/TPA memiliki tujuh program, meliputi pembinaan tartil dan tahfiz Al-Quran, penataan dan pembinaan  guru TKA/TPA terkait  metodelogi tentang Al-Quran Paket A-B yang akan berlangsung selama lima hari di aula lantai tiga kantor Walikota Mataram. Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 peserta yang merupakan perwakilan dari lima TPA dari enam kecamatan yang ada. “Satu TPA mengirim tiga pengajar,” ungkapnya.

Selain itu ada juga program penataan BCM ( Bermain, Bercerita dan Membaca), pawai/ karnaval Hijratul Rasul pada tanggal 1 Muharram mendatang, ujian tartil dan sertifikasi di Jogjakarta, study banding pelaksanaan membaca Al-Quran dengan system pengembangan TPA dan silaturrahim atar TPA se Kota Mataram. “Semoga program-program tersebut bisa menjadi motivasi menumbuhkan budaya gemar membaca Al-Quran,” harapnya.

(Laporan : Nir/Sony Foto Humas Pemkot Mataram)