Polisi Dalami Runtuhnya Jembatan Kukar

Jakarta, MataramNews – Runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) Sabtu (26/11) sore lalu, mengisahkan duka yang mendalam juga tanda tanya. Pasalnya, jembatan yang dibangun melintasi Sungai Mahakam sebagai penghubung Kecamatan Tenggarong  Seberang dengan Tenggarong Kota ini, membawa banyak korban. Hingga kini, polisi masih melakukan penyidikan penyebab runtuhnya jembatan ini.

Seperti yang diwartakan sejumlah media, runtuhnya jembatan yang panjangnya sekitar 710 meter ini, tidak hanya menelan korban jiwa, namun juga menimbulkan tanda Tanya besar. Untuk itu, berbagai pihak langsung bergerak melakukan penyidikan sebagai upaya pengungkapan penyebab robohnya jembatan ini. Tidak hanya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Polri, namun intitusi rahasia seperti Badan Intelijen Negara (BIN) pun turut melakukan kajian dan pendalaman.

Runtuhnya jembatan yang melintasi Sungai Mahakam ini, ditengarai sebagai dampak atas perbaikan yang tengah dilakukan oleh Pemda setempat. Pasalnya, ada tali penyangga jembatan yang tidak kuat karena sedang dilakukan perbaikan atau perawatan. Hanya saja, saat proses dilakukan petugas tidak menghentikan arus lalu lintas yang memasuki jembatan tersebut, terutama pada jam-jam sibuk. Ironisnya, Petugas hanya menutup sebagian badan jalan dan menjadikan jalur dua arah itu menjadi satu arah dengan sistem buka tutup.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Saut Usman Nasution kepada wartawan, di Jakarta mengatakan, pihaknya kini tengah fokus pada korban, dan pemindahan mobil dari sungai. “Kami juga fokus pada pemindahan jembatan, agar tim bisa lebih leluasa melakukan evakuasi korban,” sebutnya.

Ditemui terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Boy Rafli Amar mengungkapkan bahwa, phaknya tengah membantu evakuasi korban dan upaya pencarian korban yang hilang berdasarkan laporan keluarga korban. “Sudah ada 18 korban ditemukan,” sebutnya.

Sedangkan untuk mengetahui penyebab runtuhnya jembatan penghubung dua daerah tersebut, pihak kepolisian, kata Boy sedang melakukan penyidikan sehingga bisa terungkap apa dan bagaimana penyebab robohnya jembatan tersebut. “Untuk mengetahui penyebabnya, Polri tengah meminta keterangan dari sejumlah saksi,” ungkapnya.