Musyawarah Olah Raga Nasional (Musornas) KONI ke XI

MATARAM, MataramNews – Musyawarah Olah Raga Nasional (Musornas) KONI ke XI, Kamis (1/12) kemarin secara resmi di buka  Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Musornas sendiri akan digelar selama tiga hari dari tanggal 1–3 Desember mendatang bertempat di Hotel Lombok Raya, Mataram. Seperti dikatehui, Musornas kali ini cukup istimewa mengingat, ini kali pertama digelar di luar pulau Jawa serta dirangkai dengan tour city dan keliling wisata Lombok.

 

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan prestasi olahraga suatu negara menjadi tolak ukur kemajuan bangsa dan negara, oleh karena itu persaingan mencapai prestasi olahraga nagara negara terus berjalan dengan berbagai pengembangan teknik dan teknologi bidang olahraga.

“ini merupakan tantangan bagi pengurus (KONI-red) dan pengelola olahraga ditanah air,”katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, mengatakan juara umum yang diraih Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 yang baru selesai digelar di Palembang-Jakarta bukan merupakan puncak kebangkitan olahraga nasional. Kemenangan ini dinilai sebagai babak awal perjuangan Indonesia untuk mengambil alih dominasi juara disetiap event oleh raga baik di tingkat ASEAN, Asia Fasifik maupun di tingkat dunia.

“Oleh karena itu kita berharap dengan Musornas kali ini ini olahraga Indonesia semakin maju,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo yang akan segera mengakhiri tugasnya menyampaikan Musornas XI selain akan memilih ketua umum KONI yang baru juga sebagai ajang untuk mengevaluasi program kerja teruma pembinaan para atlet.

“Kita berharap evaluasi akan terus dilakukan dengan baik, mengingat tantangan olahraga kedepan semakin luar biasa dengan terbatasnya waktu,”terangnya.

Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi, MA mengatakan dengan dipercayanya NTB sebaga tuan rumah Musornas pertama diluar pulau Jawa sebagai tonggak agar Musornas bisa dilaksakan di daerah bahkan seluruh nusantara.

“Bagi saya pribadi dan masyarakat NTB Olahraga sumber kebangaan serta, memupuk rasa nasionalisme dan juga inspirasi,”tandas Majdi.

Seperti diketahui, agenda utama Musornas ini adalah untuk memilih ketua Umum KONI Pusat yang baru serta menyusun agenda KONI kedepan. Untuk sementara ini, ada tiga kandidat yang sudah mencalonkan diri sebagai calon Ketua umum KONI Pusat. Mereka adalah Sekjen KONI Pusat Jati Mulyo, Wakil Ketua KONI Mayjen Hendarji serta Tono Suratman. Adapun peserta Musornas yakni seluruh ketua KONI di 33 Provinsi di Indonesia serta Ketua Pengurus Besar dan Pengurus Pusat. Dimana jumlah hak suara yang diperebutkan sebanyak 252 suara.

Bagikan :