Makanan Olahan Dan Kerajinan Kota Mataram Laris Manis Di Kabupaten Sumbawa Barat

MATARAM, MAataramNews – Berbagai makanan olahan hasil kader PKK Kota Mataram, laris manis di serbu pembeli yang datang dari kabupaten/kota lainnya di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam kegiatan pameran hasil olahan dan kerajinan yang merupakan rangkaian kegiatan Jambore PKK Provinsi NTB digelar di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Rabu (7/12).

 

Hasil olahan makanan itu antara lain, keripik sayur, keripik paru, dodol nangka, telur asin, keripik ubi ungu dan lainnya. Sementara hasil kerajinan, bingkai, tas, dompet, jepit rambut, tempat madu yang terbuat dari limbah tali sumpe dan sedotan, serta batik sasambo (Sasak, Sumbawa, Mbojo)  tidak ketinggalan menjadi incaran pengunjung, sehingga beberapa stok yang dibawa habis berjual.

Antusias TP.PKK Kota Mataram dalam mengikuti temu kader tersebut cukup tinggi, hal itu terbukti dari jumlah kader yang serta sebanyak 45 orang yang dipimpin langsung oleh Ketua TP.PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, di damping Hj. Ernawati Makmur Said, Hj. Herlina Eko Saswito dan Ny. Nining Zaini, termasuk Enam Ketua TP.PKK Kecamatan yakni, Kecamatan Mataram, Selaparang, Ampenan, Sekarbela, Cakranegara dan Sandubaya.

Saat mengunjungi stan Kota Mataram Ketua PKK Provinsi NTB, Hj. Robiatul Adawiyah Majdi memberikan apresiasi terhadap hasil karya kader Kota Mataram. Hal ini menjadi bukti bahwa kader Kota Mataram terbukti mampu membantu meningkatkan perekonomian keluarga melalui berbagai hasil karyanya. Sementara Ketua PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh menjelaskan bahwa pembinaan kader di Kota Mataram tidak hanya sebatas dalam bidang kesehatan dan lingkungan, sebaliknya para kader juga diberikan pelatihan bagimana mengelola makanan berdasarkan hasil pangan lokal. “Alhamdulillah hal ini mampu membantu ekonomi masyarakat, minimal pada tingkat keluarga,” katanya.

Menyinggung tentang kegiatan Temu Kader PKK dilaporkan, kegiatan Temu Kader PKK 2011 dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB. Dalam sambutannya beliau menyebutkan kegiatan jambore temu kader yang digelar tiga tahun sekali ini dimaksudkan selain menjadi ajang silaturrahmi juga untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan serta bertukar informasi dalam rangka peningkatan kesejahteraan keluarga. “Diharapkan kegiatan ini menjadi motivasi sehingga setelah kembali ke daerah masing-masing, para kader lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Usai mengikuti acara pembukaan, para kader Kota Mataram siap berlaga mengikuti lima jenis lomba, meliputi Lomba Penyuluhan KDRT, lomba cipta Alat Permainan Edukatif (APE), lomba keterampilan pengisian KMS Gender dan lomba gembira membangun kerjasama.

Kegiatan seremonial pembukaan Temu Kader PKK Tingkat Provinsi NTB dihadiri Bupati KSB DR.KH. Zulkifli berserta wakilnya, Ketua TP. PKK KSB, jajaran PKK Provinsi NTB, jajaran Dinas/instansi terkait Provinsi NTB beserta jajaran pejabat seluruh SKPD lingkup KSB diawali dengan pawai kader atau defile ke lokasi acara. Sebelumnya, rangkaian kegiatan kegiatan teu kader dimulai pada Selasa (6/12) yang diawali dengan kegiatan senam sasambo, tanam dan pelihara pohon di seputaran kantor Bupati KSB, dilanjutkan dengan cuci tangan pakai sabun yang diikuti semua peserta dari kabupaten/kota se-NTB. (nir/humas)