LOBAR – Wakil Gubernur NTB, H. M. Amin, SH membuka secara resmi Rakernas I AP2ERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesi), pada Jumat  malam (17/1).

Rakernas  yang akan diikuti oleh 12 pengurus DPD se-Indonesia tersebut berlangsung sejak 17 – 18 Januari 2014, di salah satu hotel di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat.

Selain dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Rakernas yang juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus DPD AP2ERSI NTB periode 2013-2018, juga dihadiri langsung ketua umum DPP AP2ERSI,  H. Ferry Sandiyana, SE dan ketua-ketua serta delegasi ke 12  DPD AP2ERSI  termasuk ketua DPD NTB, HL. M. Syamsir.

Pemerintah Provinsi NTB memberikan apresiasi atas pelaksanaan Rakernas I AP2ERSI yang memilih NTB sebagai tempat pelaksanaannya. Namun dibalik pelaksanaan Rakernas di NTB diharapkan program perumahan bisa berkembang.

“Atas nama pemerintah Provinsi NTB, saya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Rakernas ini, karena menjadi harapan bersama, kegiatan ini dapat memberikan sumbangan konstruktif bagi pengembangan dan pelaksanaan program perumahan bagi masyarakat khususnya di NTB”, kata Wagub NTB ketika memberikan sambutan pada pembukaan Mukernas AP2ERSI I.

Menurutnya, dengan maraknya pertumbuhan sektor properti saat ini, sesungguhnya sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menyediakan perumahan yang sehat dan layak huni bagi masyarakat. Namun diakui oleh Amin bahwa dalam pembangunan perumahan dan lingkungan pemukiman masih menghadapi kendala diantaranya kemampuan dan tingkat ekonomi sebagain masyarakat yang relatif masih rendah sehingga terjadi ketimpangan daya beli antara masyarakat mampu dengan masyarakat golongan ekonomi lemah dan kalangan berpenghasilan tidak tetap.

Selain persoalan tersebut diakui juga menjadi hambatan dan kendala yaitu masalah lahan dan perijinan. Namun terkait dengan lahan dan perijinan tersebut, Amin berjanji bahwa Pemda akan senantiasa memberikan kemudahan dan memfasilitasi karena perumahan sangat dibutuhkan oleh rakyat di NTB.

Amin pun berharap dengan Rakernas I akan bisa langsung menyentuh kepada kepentingan masyarakat, khususnya berkaitan dengan penyediaan perumahan yang sehat dan layak huni.

Sementara itu  ketua umum DPP AP2ERSI, H. Ferry Sandiyana, SE, mengatakan bahwa  Rakernas I ini merupakan  amanat Mubes yang dilakukan pada April 2013 lalu dan bisa menyusun progran-program kedepan.

Ferry sangat berharap kedepannya  AP2ERSI ini bisa menjalani kerjasama baik dengan pemerintah pusat maupun daerah dalam pengembangan perumahan yang Pro Rakyat dan Pro MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

Menurutnya AP2ERSI ini dalam melakukan pengembangan perumahan memikirkan perumahan yang diperuntukan bagi PNS Gol I dan II, petani, nelayan dan rakyat yang berpenghasilan rendah.

Sedangkan ketua AP2ERSI NTB, HL. M. Syamsir, menjelaskan bahwa  pihaknya bersama para developer (pengembang) pada tahap awal ini akan membangun sekitar 1000 unit rumah.

(Joko)