Pengurus Koperasi Produksi ASBENINDO NTB Dilantik

Ir Husni Fahri: “Keberadaan Koperasi Asbenindo Sangat Membantu”

LOBAR – Pengurus Koperasi Produksi Asosiasi Benih Indonesia (Asbenindo) NTB resmi dilantik. Pelantikan dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi (Kadiskop) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi NTB, Drs H Supran MM.

Difasilitasi pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), bertempat di aula kantor Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB), di Narmada, Lombok Barat, Jumat (21/3) kemarin, pelantikan disaksikan langsung Kepala Dinas (Kadis) Pertanian TPH, Ir Husni Fahri didampingi Kepala BPSB, Ir Baiq Rahmayati MSi.

Kadiskop UMKM NTB, Drs H Supran MM, meminta kepada seluruh pengurus koperasi produksi Asbenindo NTB, selain sebagai koperasi baru, pemikiran juga harus baru. Peran pengurus untuk tetap menjaga keutuhan koperasi ini, karena koperasi ini dari anggota untuk anggota.

“Kami siap membantu. Secara khusus saya akan berikan ruang dan waktu di kantor bagi pengurus koperasi ini untuk koordinasi dan konsultasi”, katanya.

Ia juga berpesan, untuk mengimplementasikan amanat Undang Undang Nomor 17 Tahun 2012 sebagai revisi terhadap UU No 25 Tahun 1992, sehingga koperasi ini secepatnya dikenal di tingkat nasional.

Sementara Kadis Pertanian TPH NTB, Ir Husni Fahri memberikan apresiasi kepada pihak Diskop UMKM NTB atas dukungannya terhadap koperasi produksi Asbenindo NTB. Karena, keberadaan koperasi Asbenindo di NTB sangat membantu pihaknya.

Menurut Kadis, dengan masuknya para penakar benih menjadi anggota koperasi produksi Asbenindo NTB, masalah permodalan bisa terpecahkan. Sehingga kebutuhan benih bagi petani di NTB akan terpenuhi. Selain bisa tercukupi juga terjangkau bagi petani, baik dari jumlah dan produksinya.

Lanjut Kadis, kualitas produksi benih koperasi ini juga tidak tertutup kemungkinan bisa tembus pasar di tingkat nasional. “Kita juga kan jualnya (benih, red) ke Bali, Jawa Timur dan daerah lain”, ujarnya.

“Yang jelas, keberadaan koperasi produksi Asbenindo NTB ini, sangat membantu kebutuhan benih bagi petani kita di NTB”, katanya

 (Agus SP)