Dean Novel Tulis 12 Poin Pesan, Harus Jadi Perhatian Dibidang Pertanian Bagi Presiden Terpilih Pilpres 2014

FOKUSTANI, Jakarta – Pasca pengumuman hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014, Selasa (22/7/2014) KPU telah menetapkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Jokowi-JK, sebagai pemenang. Kini, rakyat pun menaruh harapan besar terhadap perubahan Indonesia yang lebih baik, terutama program-program untuk kesejahteraan dan kedaulatan petani.

Seperti pesan yang ditulis salah seorang pemerhati pertanian, Dean Novel, yang ditulis dalam akun twitter @_deannovel untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pilpres 2014.

“Pesan untuk Presiden dan Wapres Terpilih Pilpres 2014 dibidang Pertanian”, pesan Dean Novel yaitu :

1. Fokus kerja selama 2 tahun untuk menyelesaikan masalah komoditi pangan, tahun ke-3 hortikultura, tahun ke-4 & 5 perkebunan dan perikanan. Fokus guna menyelesaikan masalah mikro Hulu dan Hilir, hindari penyelesaian secara makro.

2. Cabut kebijakan benih subsidi karena selama 9 tahun lalu terbukti tidak berkualitas dan koruptif. Ganti menjadi bansos uang tunai kepada petani.

3. Intensifkan kinerja logistik dan distribusi pupuk bersubsidi.

4. Laksanakan reformasi agraria dibidang pertanian, perkebunan dan kehutanan. Agar petani dapat memiliki lahan sendiri secara legal.

5. Bangun irigasi dan bendungan secara masif.

6. Beri bantuan mekanisasi Alsintan yang berkualitas secara masif. Dan, Bangun sarana pasca panen yang modern dan besar di setiap Kabupaten.

7. Hapuskan kredit macet KUT masa lalu dan buat skema KUT pertanian dan perikanan baru melalui Bank khusus.

8. Ubah doktrin BUMN bidang pertanian dan Bulog, mereka wajib menjadi off-taker hasil pertanian dan perikanan petani dan nelayan.

9. Reformasi lembaga tenaga penyuluh pendamping pertanian dan intensifkan penyuluhan kepada petani dan nelayan dalam hal teknologi budidaya.

10. Pilih Menteri Pertanian dan Menteri KKP dari kalangan profesional, bukan dari kader partai dan akademisi kutu buku.

11. Arahkan legislatif untuk mendukung program-program tersebut dan kurangi jatah-jatah Dapil dalam pemberian bantuan kepada petani dan nelayan.

12. Terakhir, tindak dan berantas mafia pangan, mafia komoditi dan mafia impor pangan. 

Keduabelas pesan Dean Novel, yang juga masih aktif sebagai ketua Micra Foundation ini, diakhir pesan yang dituliskannya menyebut #Salam3Jari–persatuan Indonesia, sebagaimana yang diserukan Presiden terpilih Jokowi pada pidato pertama pasca penetapan sebagai pemenang Pilpres 2014 oleh KPU.

 

[Gus]