- advertisement -

“Pemimpi yang percaya bahwa setiap impian yang di visualisasikan adalah magic. Tuhan pasti mewujudkan keinginan setiap orang asal berani bermimpi besar dan bersungguh-sungguh meraihnya”.

Penggalan diatas ditulis Mega Nisfa Makhroja, salah seorang mahasiswi potensial asal Lombok, kini sukses meraih mimpi-mimpinya. Ia menulis, dengan impian, bisa selalu semangat dan membuktikan bahwa impian itu bisa di raih satu persatu. Ketika yakin pada satu hal, secara tidak langsung itu menjadi sebuah doa.

“Semisal, ketika saya ingin berdiri sebagai wisudawan terbaik di Universitas Brawijaya, hal tersebut terwujud. Saat saya ingin kuliah S2 gratis, hal tersebut terwujud. Saat saya ingin jalan-jalan ke luar negeri, hal tersebut juga terwujud. Satu persatu impian yang saya tulis menjadi kenyataan. Saya bukan mahasiswa yang jenius, bahkan pernah mendapat nilai D+, tapi saya berani bermimpi dan berusaha untuk melakukan yang terbaik yang saya bisa”, tutur Mega melalui tulisannya kepada mataramnews.com.

Mega Meraih Mimpi

Mega Nisfa Makhroja, semasa sekolah menengah pertama (SMP) pernah dipercaya sebagai ketua OSIS SMP 2 Mataram, kemudian di masa sekolah menengah atas (SMA) menjabat sebagai wakil ketua OSIS SMAN 1 Mataram. Kegemarannya terhadap organisasi juga diikuti dengan kegemarannya terhadap dunia seni dan menulis. Selama SMP dan SMA sempat menjuarai lomba puisi tingkat NTB (Juara 1), Lomba Pidato Lombok Post (Harapan 2), dan Lomba menulis surat tingkat nasional (Juara Favorit), serta juara Festival teater modern pelajar NTB (Juara 2).

Saat ini, Mega, masih menempuh studi S2 di FISIP Universitas Indonesia dengan beasiswa penuh dari Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Indonesia. Sebelumnya Mega merupakan alumni Universitas Brawijaya Malang. Selain kuliah, Mega juga menjadi staff pengajar di Politeknik Negeri Jakarta dan fasilitator di lembaga training MHMMD Training Center yang bergerak di bidang pengembangan Karakter dan Kepemimpinan.

Passion Mega dalam bidang sosial, ekonomi dan pendidikan mengantarnya pada banyak kesempatan untuk berkeliling Indonesia dan beberapa Negara. Di tahun 2011, Mega dan beberapa temannya mendirikan sebuah komunitas pemuda pecinta lingkungan dengan nama Malang Youth Greeneration.

Organisasi tersebut bergerak dibidang kampanye gaya hidup hijau. Selain bidang lingkungan Mega tertarik dalam bidang pengembangan SDM. Ditahun 2012 menginisiasi sebuah pelatihan bagi para TKW di wilayah Jawa Timur tentang pentingnya menjadi TKI yang cerdas dan berdaya saing global.

Mega berkesempatan pula menjadi salah satu peserta Pimnas XX Makassar tahun 2012.
Meskipun Mega tidak berdomisili di Lombok, tapi Mega selalu berusaha untuk berkontribusi maksimal terhadap pengembangan daerah, baik melalui tulisan maupun kegiatan sosial lainnya.

“Alhamdulillah di tahun 2011 terpilih menjadi top Authors untuk World Bank Essay Competition, dengan menulis fenomena TKI di bawah umur di Lombok.  Tahun 2012 terpilih sebagai delegasi NTB dalam Indonesian Young Changemakers Summit di Bandung. Di tahun yang sama menjadi delegasi Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia di Jakarta dan World Youth Alliance Conference di Manila Filipina. Tahun 2014, menulis tentang socioeconomic yang berbasis produksi non kayu di Wilayah Gunung Rinjani, dan Alhamdulillah di presentasikan dalam East Asia Association of Economic Resource di Busan, Korea”.

Selain Mega aktif dalam kegiatan kepemudaan, saat ini Mega masih terlibat dalam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat “Puncang Hijau” sebagai ketua. Sebuah lembaga swadaya masyarakat dibidang pengembangan pendidikan non formal dipedesaan, khususnya perempuan dan anak-anak.  Sampai saat ini beberapa kegiatan yang dilakukan adalah program pengentasan buta aksara dan pelatihan kewirausahaan di beberapa daerah binaan di Batu Layar.

Untuk kedepannya Mega, berharap menjadi seorang dosen professional dan konsultan pembangunan wilayah tertinggal di Indonesia. “Saya berusaha melakukan yang terbaik yang saya bisa dan tetap berusaha mengejar mimpi-mimpi saya”, katanya.

Mega Nisfa Makhroja, dengan moto hidupnya “Do the best your self!!!” semuanya berawal dari impian, dan ia masih terus belajar dan berusaha untuk lebih baik. Ia berharap, semoga pengalamannya ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

{gallery}Foto Figur:::0:0{/gallery}