Ketua TP PKK NTB : Kemasan Produk UKM NTB Harus Bagus

MN, LOBAR — Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengunjungi UKM Sasak Maiq Produsen Tortilla di Senteluk, Lombok Barat, pada Kamis (17/1/19).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat permasalahan sekaligus mencari solusi bersama terkait usaha-usaha kecil dan menengah yang ada di masyarakat.

Dalam kunjungannya Hj. Niken juga berdiskusi dengan pemilik UKM Sasak Maiq, yaitu Baiq Siti Suriani, menyampaikan kendala yang dialami saat ini yaitu, pada proses kemasan, sehingga membutuhkan alat untuk mengemas yang lebih inovatif lagi.

Menanggapi hal tersebut, Hj. Niken mengatakan, pengemasan harus bagus sehingga kerusakan-kerusakan tak terduga dapat ditangani.

Ia menekankan, perbankan dan pemerintah harus menyediakan layanan permodalan dan rumah kemasan harus dimanfaatkan. Tentunya dengan fasilitas dan jumlah alat yang lebih memadai dari pada sekarang.

“Sosialisasikan pemakaian snack-snack itu di OPD, kemudian dilanjutkan himbauan dari Dekranasda, disusul saat Rapim dari bu Wagub agar menggunakan produk UKM NTB dan saat keluar daerah kita bisa mempromosikan ini”, ujar Hj. Niken, .

UKM Sasak Maiq adalah nama unit usaha pengolahan di Desa Senteluk, Lombok Barat, yang produk utamanya adalah tortilla. Produk ini sudah dipasarkan sampai ke Inggris dan setelah menjadi mitra kerja kelompok-kelompok pengolahan di desa-desa pesisir Lombok Barat, UKM ini semakin inovatif dan memberikan dampak nyata bagi perbaikan ekonomi warga pesisir. Berdiri sejak bulan Desember 2015, kini memiliki 10 pegawai aktif dari Sarjana hingga non pendidikan dan buta huruf.

UKM Sasak Maiq sendiri disamping memproduksi sendiri juga memasarkan dan mengirim ke toko oleh-oleh yang ada di Nusa Tenggara Barat. Berbagai macam makanan pangan dari mentah sampai siap saji dijual, antara lain seperti Kripik Tortila, Kacang Mete Rumput Laut, Kopi Rumput Laut, Terasi dan berbagai olahan makanan rumput laut tetapi memilik rasa jagung, hal ini tentu merupakan cita rasa menarik dan membuat masyarakat ingin membelinya.

Selain toko oleh-oleh, UKM Sasak Maiq sendiri menyasar Mini Mart, Ritel Modern hingga ruang tunggu bandara Internasional Lombok.

Turut hadir mendampingi Ketua TP. PKK NTB, Kadis Perindustrian Andi Pramaria, Kadis Koperasi UMKM Lalu Saswadi, dan Kadis Perdagangan Hj. Putu Selly. Usai membahas kendala-kendala yang ada, rombongan melanjutkan meninjau rumah produksi tortilla dari lantai satu hingga lantai tiga. (hs-ntb/mn-07)