Kios Jadi Kantor ?, UPTD Pertanian Ini Tak Punya Papan Nama

LOTENG, MATARAMNEWS.co.id — Sarana kantor dan kendaraan operasional Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Jonggat sampai sekarang belum terealisasi dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Lombok Tengah.


H. Jumahir MSi, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jonggat.

Tidak punya papan nama bahkan masih ngontrak di sebuah kios, inilah kondisi kantor UPTD milik Dispertanak Kabupaten Lombok Tengah.  

Sarana kantor UPTD yang terbilang tidak layak ini, juga terkesan seperti bukan kantor pelayanan publik milik pemerintah. “Ya, kalau ada tamu baik dari daerah maupun pusat, ya kita terima di kantor kecil dan sempit apa adanya ini”, kata Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jonggat, Jumahir MSi, kemarin.

Diakui Jumahir, kios yang menjadi kantor UPTD itu memang kios milik pribadinya. Kebetulan juga berdampingan, persis nempel dengan rumah kediamannya.

Kios tersebut, tutur dia, dulunya tempat jualan sembako namun karena rumah yang dikontrak sebagai kantor UPTD yang lama tidak bisa lagi diperpanjang, sehingga untuk sementara sebelum dibangunkan kantor baru oleh pemerintah kabupaten (Pemkab), kios tersebut menjadi alternatif kantor UPTD.

Meskipun begitu, menurut Jumahir, aktifitas pelayanan bagi masyarakat khususnya petani di wilayah kecamatan Jonggat tetap berjalan, walaupun masih banyak keterbatasan seperti kendaraan operasional PPL.

Disebutkan Jumahir, sejak tiga tahun silam setelah pindah dari kantor lama, usulan untuk pembangunan kantor baru UPTD Jonggat belum juga terealisasi oleh pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah.

“Usulan kantor bahkan kendaraan operasional itu sudah lama. Pihak Dinas memang sebut sudah dianggarkan pada tahun 2015 ini, tetapi sampai sekarang belum terealisasi”, katanya.
 
Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jonggat yang membawahi 17 orang PPL ini berharap pembangunan kantor yang dijanjikan oleh Pemkab Loteng tahun 2015 ini segera terealisasi, agar pelayanan kepada 150 lebih kelompok tani yang tersebar di seluruh desa se-Kecamatan Jonggat bisa maksimal.  

Laporan : Abd Muin
Editor : Guswan Putra