Nilai Ekspor NTB Menurun

MataramNews – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)  NTB, H. Soegarendra , MA, mengungkapkan nilai ekspor Provinsi NTB selama Agustus 2011 mencapai 73 juta US Dollar atau mengalami penurunan sebesar 53,45 persen dibandingkan dengan keadaan bulan Juli 2011 yang mencapai angka 156 juta US Dollar.

“Pada bulan Agustus kemarin, kegiatan ekspor sebagian besar ditujukan ke negara Korea dan Jepang dengan nilai masing-masing 57 Juta US Dollar dan 15 Juta US Dollar,” katanya, Senin (3/10/2011).

{xtypo_info}FOTO: Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)  NTB, H. Soegarendra , MA{/xtypo_info}

Jenis barang yang diekspor Provinsi NTB pada bulan Agustus 2011 itu, antara lain berupa konsentrat tembaga sebesar 99,91 persen. Nilai ekspor dari sektor konsentrat tembaga itu sangat mendominasi yakni sebesar 156 juta US Dollar lebih. Sedangkan, jenis barang lain nilainya relatif kecil, seperti bahan nabati untuk anyam-anyaman, perhiasan permata, ikan dan udang serta karet dan bahan dari karet.

Lanjut Soegarendra, mengungkapkan nilai impor Provinsi NTB pada bulan yang sama mencapai angka 22 juta US Dollar lebih. Impor pada bulan ini menurun sebesar 24,30 persen dibandingkan dengan bulan Juli yang mencapai angka 29 Juta US Dollar lebih. Menurut negara asal, sebagian besar impor berasal dari Negara Amerika Serikat 51 persen, Australia 20 persen, Jepang 13 persen serta Singapura 13 persen.

Jenis barang utama yang diekspor pada bulan Agustus adalah mesin-mesin atau pesawat mekanik, karet atau bahan dari karet, produk-produk dari besi dan baja, kendaraan serta spare part-nya, pupuk hingga bahan peledak. Adapun nilai produk ekspor yang paling dominan yakni mesin serta pesawat mekanik dengan nilai 16 juta US Dollar lebih disusul karet dan bahan dari karet dengan nilai 4 juta US Dollar lebih.

(Lapora : Iman | Mataram)