PT.NNT Kembali Raih Pengelola Lingkungan Terbaik

MataramNews – Seperti tahun sebelumnya, (2010 red) tahun ini, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kembali meraih penghargaan ADITAMA (Emas) sekaligus Trophy ADITAMA dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sebagai perusahaan tambang terbaik dalam hal pengelolaan lingkungan di bidang pertambangan mineral.

{xtypo_info}FOTO: Potro Soeprapto (kiri), Manajer Senior Lingkungan PTNNT, menerima penghargaan ADITAMA (Emas) dan Tropi ADITAMA dari Direktur Jenderal Minerba, Dr.Ir.Thamrin Sihite, M.E. PTNNT kembali meraih penghargaan tersebut dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sebagai perusahaan tambang terbaik dalam hal pengelolaan lingkungan di bidang pertambangan mineral. Ada dua perusahaan tambang (masing-masing bidang mineral dan batubara) yang meraih Tropi ADITAMA dan PTNNT adalah salah satu di antaranya dengan meraih nilai tertinggi bidang mineral{/xtypo_info}

Penghargaan yang dibacakan Menteri ESDM, Dr. Darwin Zahedy Saleh, pada acara pembukaan dalam rangka peringatan ulang tahun ESDM ke-66 (28/9). Penghargaan ini kemudian diserahkan oleh Dirjen Minerba, Dr.Ir.Thamrin Sihite, M.E dalam “Malam Anugerah Penghargaan Lingkungan Pertambangan Kategori Pratama, Utama, Aditama, dan Trophy” (30/9/2011). Dari 60 perusahaan pertambangan yang dievaluasi oleh KESDM, hanya ada dua perusahaan tambang (masing-masing bidang mineral dan bidang batubara) yang meraih Trophy ADITAMA dan PTNNT adalah salah satu di antaranya dengan meraih nilai tertinggi bidang mineral.

“Kami sangat senang dan bangga atas pemberian penghargaan ini. Ini menjadi salah satu bukti komitmen kami untuk senantiasa mengoperasikan tambang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan, yaitu menjadi yang terdepan dalam keselamatan kerja, perlindungan lingkungan, dan tanggung jawab sosial,” jelas Martiono Hadianto, Presiden Direktur PTNNT.

Keberhasilan meraih kinerja terbaik dalam bidang lingkungan ini, menurut Martiono , bisa diperoleh berkat kerja keras seluruh karyawan dan kontraktor PTNNT dalam program pengelolaan lingkungan di tambang Batu Hijau.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang selalu membantu dan memberi arahan teknis dalam pengelolaan lingkungan tambang Batu Hijau. Selain merupakan pengakuan atas kinerja lingkungan yang baik, penghargaan ini juga menjadi pendorong bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja,” tambah Martiono.

Dalam kategori pengelolaan lingkungan, PTNNT mendapat penghargaan di antaranya untuk pengelolaan timbunan batuan penutup, pengendalian erosi dan sedimentasi, pengelolaan pembibitan, reklamasi dan vegetasi, sarana penunjang, dan pemantauan lingkungan pertambangan.

Penghargaan Upakarti Aditama merupakan penghargaan tertinggi dari KESDM untuk kategori pengelolaan lingkungan bagi perusahaan tambang yang diberikan setiap tahun atas kinerja seluruh perusahaan yang berada di bawah naungan KESDM. Dalam melakukan penilaian, KESDM membentuk tim khusus yang diterjunkan langsung ke beberapa perusahaan tambang dengan melakukan audit, verifikasi sistem, rencana program, dan pelaksanaan program.

PTNNT mengoperasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Sumbawa Barat sejak tahun 2000 dengan mempekerjakan lebih dari 7000 karyawan yang sebagian besar berasal dari masyarakat lokal dan provinsi NTB. PTNNT telah memperoleh penghargaan PROPER Hijau lima kali berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup, serta penghargaan lain di bidang keselamatan kerja dan tanggung jawab sosial.

{xtypo_info}FOTO: Dari kiri – Potro Soeprapto (Senior Manager for Environment), Arif Perdanakusumah (Snr. Mgr. External Relations), dan Indarto (Assistant Mgr. Env. Permitting & Compliance) sesaat setelah menerima penghargaan ADITAMA (Emas) dan Tropi ADITAMA dari Direktur Jenderal Minerba, Dr.Ir.Thamrin Sihite, M.E. PTNNT kembali meraih penghargaan tersebut dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sebagai perusahaan tambang terbaik dalam hal pengelolaan lingkungan di bidang pertambangan mineral. Ada dua perusahaan tambang (masing-masing bidang mineral dan batubara) yang meraih Tropi ADITAMA dan PTNNT adalah salah satu di antaranya dengan meraih nilai tertinggi bidang minerall{/xtypo_info}

(Laporan : MS | Sumbawa Barat)