Demi Pembangunan, Bupati Suhaili Mantapkan Kerja Sama PT SMI

MN, LOTENG — Bupati Lombok Tengah, H.M. Suhaili FT, menegaskan dalam membangun daerah, Pemkab Lombok Tengah tidak mengandalkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Jangan terlalu hanya mengandalkan APBD saja. Harus dicari sumber-sumber lain yang bisa membantu pembangunan di kabupaten Lombok Tengah,” kata Bupati Suhaili disela pertemuan dengan Direktur Utama PT SMI (Sarana Multi Infraktuktur) Emma Sri Hartini, di Pendopo Bupati Lombok Tengah, Rabu (6/2/2019).

Bupati menjelaskan, PT SMI selama ini sudah sangat membantu pembiayaan pembangunan infrastrktur di Kabupaten Lombok Tengah. Tidak hanya pembangunan infrastruktur jalan, tetapi juga pembangunan pasar Jelojok Kopang.

“Seharusnya demi membangun Lombok Tengah kita harus berinovasi bisa lebih cepat dan optimal lagi,” imbuhnya.

PT SMI, ungkap Bupati, merupakan salah satu BUMN dibawah naungan Kemenkeu Rl. Dengan pinjaman PT.SMI Pemkab Lombok Tengah bisa membantu pembangunan jalan, pembangunan pasar, pembangunan rumah sakit umum dan pembangunan lainnya.

Dengan investasi ini, menurut Bupati, akan mempercepat pencapaian visi misi kabupaten Lombok Tengah yang “Sholah Sholeh Sholoh”.

Dirut PT SMI, Emma Sri Martini menyampaikan dihadapan Bupati bahwa kedatanganya untuk menyampaikan kabar baik kepada Lombok Tengah terkait menjadi daerah percontohan di Indonesia.

“Perlu dicatat sejak pertama kali bekerjasama dengan kami, Kabupaten Lombok Tengah telah mampu dengan baik mengelola bantuan pinjaman yang kami berikan,” ujarnya.

Semua proses pembangunan, ungkap Dirut PT SMI itu, dikerjakan dengan baik dan tuntas oleh Pemkab Lombok Tengah, hingga mengembalikan pinjaman untuk membangun jalan.

Diungkapkan juga, tahun 2018 lalu dari Rp 250 Miliar pagu anggaran yang disediakan PT SMI untuk dipinjamkan, Kabupaten Lombok Tengah hanya baru menggunakan Rp 80 Miliar untuk pembangunan pasar Jelojok Kopang Lombok Tengah. Sehingga, kata dia, masih ada pagu anggaran Rp 170 Miliar yang bisa digunakan untuk pembangunan Lombok Tengah.

“Kalau mau repitalisasi total rumah sakit sangat bisa untuk kami berikan lagi. Nanti tinggal menghitung lagi berapa kebutuhanya, boleh lebih dari pagu sisa anggaran yang kami siapkan,” ujarnya.

Kedatangan Dirut PSMI di gumi Tatas Tuhu Trisna, ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi jalan-jalan yang dibangun Lombok Tengah dari hasil kerjasama dengan pihak PT SMI.

“Kami juga ingin menggali bagaimana dampak pembangunan itu bagi peningkatan ekonomi masyarakat yang mantinya bermuara terhadap peningkatan PAD,” tandas Emma. –(07)

Bagikan :