5 Destinasi Wisata ini Jadi Impian di Tahun 2019, Versi SilkAir

MN, JAKARTA — Pada tahun 2019, tren perjalanan wisata diharapkan masih akan menguat, sejalan dengan prediksi dari Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa Bangsa (UNWTO) yang menunjukkan pertumbuhan industri pariwisata secara global akan mencapai 3.3% selama tahun 2010 hingga 2030.

Direktorat Jendral Imigrasi Indonesia juga mencatat bahwa aktivitas perjalanan wisatawan Indonesia terus tumbuh secara aktif, terlihat dari pertumbuhan aktivitas perjalanan keluar negeri yang stabil di angka 8.3% pada 2017.

Melihat tren destinasi wisata yang dipilih oleh konsumen secara global dan berdasarkan testimonial konsumen, SilkAir, maskapai regional dari Singapore Airlines, telah mengkurasi 5 destinasi wisata yang tentunya akan masuk dalam daftar perjalanan impian para wisatawan Indonesia di tahun 2019.

 

Siem Reap, Komboja

Hanya berjarak lebih kurang 5 jam perjalanan, penumpang dapat menikmati perjalanan ke salah satu destinasi elok di Kamboja, Siem Reap, bersama SilkAir seharga Rp 4.650.000*. Siem Reap merupakan destinasi wisata yang sarat dengan sejarah karena merupakan lokasi dari Situs Warisan Dunia UNESCO, Angkor Wat, yang dibangun pada tahun 1112 – 1152 oleh Kaisar Suryavarman II. Ketika mengunjungi Angkor Wat, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan kuil yang membentang sepanjang 400 kilometer² dan dipenuhi dengan ukiran relif yang menceritakan sejarah dan mitologi Hindu-Buddha. Selain itu, untuk mendapatkan foto menarik, wisatawan dapat mengunjungi kuil Angkor Wat pada saat matahari terbit. Selain itu, Siem Reap juga menawarkan desa apung atau floating village di Kampong Khleang untuk melihat secara langsung aktifitas warga setempat, mencoba merajut sutra, menonton pertunjukan Phare the Cambodian Circus yang semarak, dan mencicipi hidangan unik ayam panggang ‘Khmer’ dan ‘lok lak’. Pimpinan SilkAir Kamboja Utara, Virak Prak menambahkan, “Siem Reap merupakan tempat yang menarik bagi wisatawan di semua usia. Wisatawan sangat menyukai sejarah yang tertanam di kota Siem Reap seperti mengunjungi kuil, tetapi kota ini juga banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati kehidupan malam yang meriah dan pedesaan yang lebih tenang untuk makan malam bersama keluarga.”

Singapura

Negara Singa terus menarik perhatian para wisatawan Indonesia sebagai kota yang sangat dinamis dan penuh inovasi. SilkAir menawarkan penerbangan dari Indonesia menuju Singapura dengan harga mulai dari Rp 1.400.000*. Hanya dua jam perjalanan dari Indonesia, Singapura memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, seperti Museum Galeri Nasional (National Gallery Museum), Jembatan Henderson dalam bentuk gelombang (Henderson wave bridge) dan Universal Studios yang mana pengunjung dapat menikmati pertunjukkan kelas dunia, berjalan diatas jembatan pejalan kaki tertinggi berbentuk gelombang dan berjalan disekitar taman hiburan yang memberikan nuansa blockbuster. Selain itu, perpaduan keberagaman budaya Melayu, China dan India menghasilkan keunikan di satu sisi, beragam restoran berbintang Michelin yang menyajikan mulai dari makanan Jepang hingga Perancis, di sisi lain, jajanan tradisional lokal yang menciptakan hidangan penuh rasa dengan harga terjangkau seperi laksa, roti prata dan nasi lemak yang tentunya halal.

 

Hiroshima, Jepang

Kota metropolitan Hiroshima yang terletak di bagian barat daya Jepang menawarkan beragam ciri khas lokal serta tempat bersejarah. Mulai dari harga Rp 5.200.000*, wisatawan dapat terbang dari Indonesia ke Jepang untuk mengunjungi taman bersejarah yakni Peace Memorial Park dan kekayaan arsitektur Hiroshima yang terletak di laut, kuil Itsukushima di pulau Miyajima. Selain itu, kenikmatan lokal yang unik adalah tiram yang ditanam secara lokal dan hidangan Okonomiyaki yang menggiurkan. Manajer untuk SilkAir di Chugoku, Hiroshima, Akiyuki Miyazaki menambahkan, “Hiroshima menawarkan perpaduan antara sejarah dan budaya, menjadikannya kota yang membuat para wisatawan selalu ingin kembali. Keragaman makanan laut lokal – seperti tiram, cumi-cumi, ikan sarden kering dan belut – juga menawarkan banyak pilihan halal bagi wisatawan Muslim.”

 

Chengdu, Cina

Untuk para keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama, perjalanan ke Chengdu, Cina menawarkan aktivitas kelompok yang intim namun juga menarik. Mulai dari harga Rp 4.300.000, dan dalam kurang lebih 6,5 jam penerbangan, para pelanggan dapat berwisata ke Chengdu, Cina dengan maskapai SilkAir melalui Bandara Internasional Changi di Singapura. Pada saat kedatangan, aktivitas terkenal seperti mengunjungi Kawasan Panda di Chengdu untuk melihat kehidupan hewan yang melambangkan kedamaian namun terancam punah tersebut, tur melihat salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang berupa patung raksasa setinggi 71 meter dengan nama Leshan Buddha serta menjelajahi kuil Buddha terkemuka Biara Wenshu Yuan. Selain itu, makanan khas Sichuan sangat menarik bagi orang dewasa dan juga anak-anak dengan hidangan seperti hot pot, ayam Kung Pao dan tahu Ma Po.

 

Cairns, Australia

Wisatawan yang ingin berpetualang di bawah sinar matahari dapat mengunjungi Cairns dengan penerbangan SilkAir mulai dari harga Rp 5.940.000*. Apabila Anda seorang penyelam berpengalaman atau wisatawan yang lebih menyukai berjemur di pantai, Great Barrier Reef merupakan pemandangan yang sangat indah. Terletak di lepas pantai Queensland merupakan terumbu karang terbesar di dunia yang membentang lebih dari 2.300 kilometer. Selain itu, para wisatawan dapat mendaki ke puncak Gunung Walsh dalam waktu 2 hingga 4 jam, untuk menikmati pemandangan Cairns secara 360 derajat serta hutan yang mengelilinginya, atau mengunjungi air terjun Crystal Cascades yang terletak hanya 20 menit dari pusat kota Cairns. Berbagai satwa liar langka seperti buaya Estuarine dan burung kasuari juga dapat ditemukan 2 jam dari kota Cairns di Taman Nasional Daintree, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Asisten Administrasi untuk SilkAir di Cairns, Australia, Hariana Woodward menyebutkan, “Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Cairns! Wisatawan umumnya senang melakukan kegiatan seperti lompat batu di air terjun Stoney Kreek, berenang di laguna atau mengunjungi taman Koala.”

Semua penerbangan SilkAir sudah termasuk fasilitas full-service seperti kapasitas bagasi gratis 30Kg untuk kelas Ekonomi dan 40Kg untuk kelas Bisnis, makanan lezat selama penerbangan termasuk opsi hidangan halal, streaming wireless gratis untuk hiburan dalam penerbangan yang dapat diakses melalui aplikasi SilkAir Studio App, serta kesempatan untuk menambah miles melalui program KrisFlyer frequent flyer dari Singapore Airlines.

–(kanina/mn-03)