Mohan : PERWOSI, Instrumen Membangun Generasi Muda dan Perempuan

MN, MATARAM — Ketua KONI Kota Mataram, H. Mohan Roliskana, mengatakan tujuan dibentuk Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) menjadi instrumen untuk membantu menyehatkan masyarakat dalam membangun generasi muda dan kaum perempuan.

“Perannya (PERWOSI) tidak saja berbicara dalam aspek olahraga melainkan juga aspek sosial yang lebih luas, yang berkaitan dengan komponen bangsa. Dalam hal ini kaum perempuan dan anak-anak,” tegas Mohan, saat pembukaan secara resmi Rakerda pertama PERWOSI Kota Mataram, di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Kamis (7/1/2019).

Menurut Ketua KONI sekaligus Wakil Wali Kota Mataram itu, untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat, setidaknya ada dua hal yang dapat disentuh oleh PERWOSI. Yaitu kesehatan dan keharmonisan keluarga, dimana peran seorang ibu yang sehat secara jasmani dan rohani sangat diperlukan.

“Melalui Rakerda ini dapat diformulasikan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, turun ke masyarakat, apapun bentuk kegiatannya yang bisa menumbuhkan rasa cinta pada olahraga,” imbuh Mohan.

Olahraga lanjut Mohan, merupakan miniatur kehidupan yang didalamnya mengandung banyak pembelajaran serta mampu menanamkan nilai-nilai positif. Di sisi inilah PERWOSI dapat memainkan peran untuk membangun karakter mental yang positif bagi anak-anak sebagai generasi muda, yang tentu saja tidak lepas dari keterlibatan kaum perempuan sebagai simpul utama dalam sebuah keluarga.

Karena itu, kata dia, kedepan KONI Kota Mataram akan memberikan support yang ideal agar PERWOSI dapat berkiprah menunjukkan perannya ditengah masyarakat.

“Selamat melaksanakan rapat kerja, mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi positif dan ide-ide kreatif bagi pengembangan olahraga. Membangun dan mengajak masyarakat agar tetap sehat, sehingga indeks kebahagiaan masyarakat bisa membaik dari waktu ke waktu,”ucapnya.

Sementara PERWOSI Kota Mataram resmi terbentuk pada 13 September 2017 lalu dan cukup lama vakum. Rakerda ini adalah kareda pertama sejak dibentuk.

Rakerda pertama PERWOSI diikuti oleh seluruh jajaran pengurus PERWOSI Kota Mataram sebagai peserta, yang pada pembukaannya dihadiri oleh Ketua PERWOSI NTB, Yohana Nelwan beserta jajarannya, serta segenap perwakilan dari organisasi cabang-cabang olahraga yang berinduk dibawah KONI Kota Mataram.

Ketua PERWOSI Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana, mengatakan semangat dari keberadaan PERWOSI Kota Mataram adalah untuk membantu KONI Kota Mataram dalam menjaring bibit-bibit atlit dari usia dini sekaligus juga menggerakkan olahraga prestasi khususnya bagi kaum perempuan.

Diakui pula bahwa meskipun dibentuk sebagai bagian dari KONI, PERWOSI Kota Mataram belum secara resmi mendapat porsi anggaran. Namun dirinya berharap dengan Rakerda pertama ini PERWOSI Kota Mataram bisa mendapat perhatian dari sisi anggaran, serta dapat menghasilkan ide-ide dan terobosan baru untuk membantu KONI Kota Mataram meningkatkan kualitas olahraga di Kota Mataram. Khususnya bagi perempuan dan anak-anak atau generasi muda.

“Semakin banyak kegiatan olahraga melibatkan kaum perempuan, semakin banyak perempuan sehat dan bugar, akan berimbas baik pada kesejahteraan keluarga dan mendorong rasa cinta terhadap olahraga,” tuturnya. –(hs-mtr/mn-03)