Menu
RSS

Mohan : Pelatda Desentralisasi Kenari, Kembalikan Kejayaan Olahraga Mataram

Mohan : Pelatda Desentralisasi Kenari, Kembalikan Kejayaan Olahraga Mataram

MATARAM – Menghadapi Pekan Olahraga Tingkat Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018 mendatang, KONI Kota Mataram menggelar Pemusatan Pelatihan Daerah (Pelatda) yang disebut dengan Pelatda Desentralisasi Kenari Kota Mataram tahun 2017.

Pengukuhan bagi para atlet dan pelatih yang akan mengikuti Pelatda Desentralisasi Kenari dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Mataram pada Senin (17/04/17) oleh Ketua KONI Kota Mataram sekaligus Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana.

Dikatakan Mohan, Pelatda Desentralisasi Kenari adalah sebuah terobosan yang dilakukan KONI Kota Mataram untuk mengembalikan kejayaan olahraga Kota Mataram. Pasang surut olahraga di Kota Mataram diakui Mohan cukup tentatif.

Di satu sisi ada cabor tertentu yang tetap dapat memberikan kebanggaan, ada pula yg mengalami penurunan sehingga perlu dilakukan pembinaan lebih baik lagi. Bagi para atlet dan pelatih yang lolos kualifikasi, berhak mengikuti Pelatda Desentralisasi mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Desember 2017.

“Sekarang ini waktunya cukup tepat untuk mulai. Dan supaya tidak mengganggu kegiatan sekolah dan lainnya, dilakukan secara desentralisasi oleh pelatih cabor yang bersangkutan”, terangnya.

Tidak seluruh cabor yang ada di Kota Mataram dapat lolos untuk mengikuti Pelatda. Ada 11 cabor yaitu Tenis Lapangan, Sepakbola/Futsal, Tinju, Boxer, Panjat Tebing, Catur, Bridge, Bola Voli, Golf, dan Sepak Takraw yang tidak lolos mengikuti Pelatda.

Meski demikian penilaian dalam menjaring peserta Pelatda memang harus fair, dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi cabor-cabor yang belum dapat lolos. Untuk para pelatih yang secara teknis sudah tidak diragukan kemampuannya, akan diberikan pelatihan manajerial, hubungan antar personal, dan pendekatan konseptual. Sedangkan para atletnya akan dipersiapkan secara teknik, fisik, mental, dan moral agar siap menghadapi Porprov NTB 2018.

“Kita kembalikan kejayaan olahraga kita, targetnya Juara Umum Porprov tahun 2018”, tandasnya.

Pelatda berhasil menjaring 52 orang atlet berprestasi dan 20 pelatih dari 13 cabor peserta Pelatda dengan target sebagai Juara Umum dan meraih 70 medali emas pada Porprov tahun 2018. Untuk meraih target tersebut, Mohan juga akan meminta Pemerintah Kota Mataram menambah anggaran untuk KONI Kota Mataram pada APBD Perubahan tahun 2017 nanti.

(hms-mtr/red)

^ KEMBALI KE ATAS