Menu
Kamis, 24 Mei 2018 | 12:43:55 am

Tenaga Kerja di Era Globalisasi, Butuh SDM Berkualitas dan Terampil

Tenaga Kerja di Era Globalisasi, Butuh SDM Berkualitas dan Terampil

MATARAM - Di era globalisasi saat ini, persaingan di sektor tenaga kerja sengat tinggi hingga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berketrampilan.

Hal tersebut terkuak dalam diskusi publik yang digelar oleh Jaringan Masyarakat Mandani (JMM) dengan tema meneropong kualitas pendidikan, upaya meningkatkan kereatifitas dan daya saing kerja buruh nasional, di Mataram Kamis (26/4/2018).

Seperti yang disampaikan salah satu narasumber dari Fakultas Hukum Unram, Ahmad Suhaili SH, bahwa tenaga kerja di era global ini harus memiliki ketrampilan dan kreatifitas.

"Tenaga kerja yang dibutuhkan di era saat ini harus profesional, meningkatkan kreatifitas dan daya saing," ucapnya.

Selain itu ungkapnya yang kedua adalah juga harus mempunyai kemampuan berbahasa asing karena saat ini sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Tidak hanya itu yang ketiga tenaga kerja juga harus mahir teknologi. "Ini paling tidak harus komplit ketiganya karena jika tidak maka itu sulit bersaing," ujarnya.

Sementara narasumber lainnya, Amir Mahmud, Wakil Sekretaris KNPI NTB mengatakan bahwa pemuda itu bisa bersaing atau tidak kedepannya di era kemajuan teknologi, maka tergantung kualitas. Jika tidak punya kualitas maka tidak bersaing karena bukan hanya bersaing sesama manusia tapi juga bersaing dengan teknologi.

"Saya ingin pemuda tidak sekedar melihat aspek teknologi dan pengetahuan dalam membangun, tapi pemuda berkualitas kita harus mulai dari sisi psikologisnya atau kesadaran," ungkapnya.

Sedangkan pada kesempatan tersebut Direktur JMM, Agi Abdul Aziz, mengatakan bahwa kegiatan diskusi yang digelar dalan rangka jelang peringatan May Day dan Hari Pendidikan Nasional.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Top News