Menu
Rabu, 21 November 2018 | 4:47:15 pm

KADIN NTB : 1000 Kontraktor Bakal Dilibatkan untuk Percepatan RR Rumah Terdampak Gempa

KADIN NTB menghadiri rapat koordinasi bersama Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) kabupaten kota se NTB, yang juga dihadiri oleh REKOMPAK dan BRI, di Mataram, pada Jumat (12/10/2018). KADIN NTB menghadiri rapat koordinasi bersama Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) kabupaten kota se NTB, yang juga dihadiri oleh REKOMPAK dan BRI, di Mataram, pada Jumat (12/10/2018).

MATARAM - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) NTB akan melibatkan kontraktor atau pengusaha daerah sebanyak mungkin untuk percepatan program rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) bangunan rumah yang rusak berat terdampak gempa di NTB.

"Untuk percepatan, KADIN NTB telah meminta untuk melibatkan kontraktor daerah sebanyak mungkin," ungkap Asop Percepatan Program RR Terdampak Gempa, KADIN NTB.

Permintaan tersebut disampaikan pihak KADIN NTB saat menghadiri rapat koordinasi bersama Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) kabupaten kota se NTB, serta dihadiri oleh REKOMPAK dan BRI, di Mataram, pada Jumat (12/10/2018).

Dalam rapat tersebut, Ketua KADIN NTB menyampaikan bahwa sebagai induk semua asosiasi pengusaha, Presiden telah mengeluarkan INPRES No 5 Tahun 2018, untuk percepatan program rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan rumah yang rusak berat terdampak gempabumi di NTB. Presiden memerintahkan 19 Kementerian supaya mendukung program tersebut.

Presiden dan Wapres, serta Menteri PUPR, telah menunjuk KADIN sebagai Koordinator dan Penanggungjawab dalam pengadaan bahan material percepatan RR pembangunan rumah terdampak gempa di NTB.

"Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) akan fasilitasi agar semua Pokmas dan Aplikator segera teken MoU dengan KADIN untuk pengadaan bahan materialnya," ungkapnya.

Untuk percepatan, KADIN NTB mengusulkan alternatif pembangunan Rumah Instan Baja (RISBA). Untuk pembangunannya, KADIN NTB akan melibatkan sebanyak mungkin kontraktor yang tergabung dalam GAPENSI, GAPEKSI, GAPOKNAS, REI, serta Anggota KADIN.

"RISBA akan segera dikonsultasikan kepada PERKIMPUS dan disosialisasikan secepatnya karena dengan biaya Rp50 juta warga sudah bisa mendapatkan rumah layak huni Type 36 yang kuat, ringan, praktis dan cepat," terangnya.

KADIN NTB akan memfasilitasi anggotanya untuk membangun sebanyak 500 RISBA Type 36 dan gratis untuk warga di sejumlah kabupaten kota mulai oktober atau minggu depan ini.

Untuk itu, KADIN NTB akan membuka pendaftaran bagi 1.000 kontraktor dari berbagai kabupaten kota untuk percepatan pembangunan rumah tersebut, dengan melibatkan kelompok masyarakat (pokmas) dan warga masyarakat.s

"Kalau masing-masing kontraktor ditarget bangun 10 rumah, maka dalam satu bulan 10.000 rumah akan terbangun. Musim hujan hampir tiba, mari kita sukseskan program rehabilitasi dan rekonstruksi NTB bangun kembali," tandasnya.



(mn-03)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :