Menu
Rabu, 13 Desember 2017 | 11:27:37 am

KPID NTB Dorong Generasi Muda Tidak Habiskan Waktu di Depan TV

KPID NTB Dorong Generasi Muda Tidak Habiskan Waktu di Depan TV

MATARAM - Televisi sudah menjadi salah satu media sumber informasi yang sebagian besar telah dimiliki masyarakat. Berbagai macam rangkaian acarapun tersaji didalamnya. Hal itu membuat masyarakat dengan mudah untuk mengetahui berbagai macam informasi serta perkembangan dunia terbaru yang ada, televisi juga menjadi menjadi salah satu sarana menambah wawasan.

Namun disamping kemudahan tadi, tak sedikit pengaruh negatif yang muncul bila berada terlalu sering berada didepan layar kaca tersebut. Mulai dari tayangan non edukasi, hoax serta berita kontroversi kerap menghiasi layar televisi.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi NTB Sukri Aruman ditengah Car Free Day dalam rangkaian acara Inspiratif Expo Minggu (26/11/2017).


Melalui gerakan "Satu Hari Tanpa TV", ia mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk tidak menghabiskan waktu menonton TV. Menurutnya banyak kegiatan lain yang lebih positif untuk mengisi waktu luang.

"Selain duduk didepan TV, kegiatan lain seperti travelling maupun camping juga bisa dilakukan", tandasnya.

Hal tersebut diutarakan Sukri Aruman agar masyarakat bisa cerdas dan bijak dalam memilih siaran-siaran yang kiranya bermanfaat dikonsumsi. Mengingat jika saat ini masih begitu banyak siaran-siaran yang tidak layak untuk ditonton sesuai dengan klasifikasi usia penonton.

Inspiratif Expo yang didagas Dinas Kominfo dan Statitik NTB yang telah memasuki pekan ke-14 ini, turut dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan oleh para pelajar yang memiliki bakat dalam dunia tari dan menyanyi. Disamping juga menggandeng beberapa OPD yang turut serta membawa tema tersendiri. Badan Pusat Statistik (BPS), dan salah satunya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Prov.NTB yang menyerukan untuk terus melestarikan dan menjaga lingkungan.

Melalui tema "Ayo Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup" yang digagas Dinas LHK menginisiatif KPID, khususnya kepada generasi muda agar kedepannya agar mencintai lingkungan. Dengan demikian mereka tidak hanya terpaku oleh perkembangan IT yang tumbuh pesat di era digital saat ini.

Diakhir sambutannya Ketua KPID itu juga tekankan para orangtua untuk terus mengawasi tayangan yang layak disaksikan. "Mari dampingi anak-anak kita untuk menonton televisi", pungkasnya.

(r3)

^ KEMBALI KE ATAS