Menu
Jumat, 24 November 2017 | 9:14:54 am

Iptu Lalu Panca : Selama Operasi Zebra, Ribuan Pelanggaran Ditindak dengan Tilang

Iptu Lalu Panca : Selama Operasi Zebra, Ribuan Pelanggaran Ditindak dengan Tilang

LOBAR - Sejak mulai digelar Operasi Zebra pada 1 Nopember hingga 14 Nopember 2017 ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Barat (Lobar) telah melakukan penegakan hukum, menindak ribuan pelanggaran lalu lintas di jalan dengan tilang.

"Jumlah pelanggaran yang kita tindak dengan tilang sebanyak 1.970," ungkap Kasat Lantas Polres Lobar, Iptu Lalu Panca Warsa SH, di Lobar, Selasa (14/11/2017).

Rinciannya dijelaskan Kasat Lantas, untuk tindak pelanggaran diantaranya SIM sebanyak 741, STNK sebanyak 325, tidak menggunakan helm sebanyak 216, kelalaian berkendara sebanyak 51, lain-lainnya sebanyak 637. Sedangkan barang bukti (BB) yang disita, diantaranya STNK sebanyak 1.545 dan SIM sebanyak 279. Lalu kendaraan roda dua sebanyak 114, roda empat sebanyak 26, dan roda enam sebanyak 6 kendaraan.

"Kesadaran masyarakat berlalu lintas di jalan untuk sekarang masih kurang. Hal ini akan menjadi tugas kami nanti menyadarkan masyarakat guna menciptakan masyarakat yang disiplin berlalu lintas. Sehingga di Kabupaten Lombok Barat ini akan tercipta Kamseltibcarlantas yang kondusif," ujarnya.

Meski kesadaran berlalu lintas masyarakat masih kurang, namun menurut Lalu Panca, sudah ada peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tolak ukurnya bisa dilihat dari jumlah lakalantas yang terjadi untuk tahun ini lebih sedikit dengan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu pada saat Operasi Zebra digelar terjadi lakalantas sebanyak delapan kasus, tetapi tahun ini hanya ada satu kasus," ujar Iptu Lalu Panca, seraya mengungkapkan bahwa upaya menyadarkan masyarakat tertib berlalulintas itu dilakukan dengan berbagai sosialisasi terutama keterlibatan media memberitakan sosialisasi maupun himbauan kepada masyarakat untuk sadar tertib berlalulintas di jalan.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik