Menu
Rabu, 15 Agustus 2018 | 10:12:28 pm

Satu Truk Pupuk Subsidi Diamankan Polres Loteng

Satu Truk Pupuk Subsidi Diamankan Polres Loteng

LOTENG - Satuan Reskrim Polres Lombok Tengah (Loteng) berhasil menangkap 4 orang pria yang diduga melakukan tindak pidana perdagangan. Satu truk yang memuat pupuk subsidi berhasil diamankan.

Kasat Reskrim AKP Raflis P Gilsang membenarkan pada Sabtu (20/1/2018) sekitar pukul 20.00 wita, Unit Tipidter mendapatkan informasi bahwa ada Truk merk Toyota bewarna merah dengan Nopol DR 8163 D bermuatan pupuk dari dusun Mentokang desa Darek Kecamatan Prabarda yang akan dibawa ke Lombok Timur.

"Sekitar pukul 20.30 Unit Tipidter melakukan pengejaran terhadap Truk yang dimaksud dan ditemukan di jalan raya Kopang, kemudian dilakukan pengecekan terhadap Truk tersebut dan benar bermuatan pupuk bersubsidi jenis Urea sebanyak 5 (lima) Ton," ungkap Kasat AKP Raflis.

Dijelaskan modus operandiny, pupuk bersubsidi jenis Urea tersebut dibeli dari Sanusi Ketua Kelompok Tani beralamat dusun Mentokang desa Darek Prabarda dengan harga Rp.200.000 per kwintal yang akan di jual Muksin yang beralamat di dusun Prempung desa Bonder Kecamatan Prabar.

Dari pengakuan Muksin membeli pupuk tersebut sebanyak 5 ton dari Sanusi yang kemudian akan di jual ke Naen beralamat Apit Aik Kecamatan Aikmel Lotim dengan harga Rp.210.000 per kwintal.

Untuk pembayaran Muksin menjaminkan sepeda motor Honda jenis Vario kepada Sanusi dan akan dibayar lunas apabila transaksi dengan Naen telah selesai.

Diungkapkan AKP Raflis, barang bukti yang diamankan 5 ton pupuk bersubsidi jenis Urea dengan ukuran kemasan 50 kilogram sebanyak 100 karung. Pelaku dikenakan pasal 106 UU. RI. No.7 Tahun 2014, tentang perdagangan.

(mn-08/r3)

^ KEMBALI KE ATAS