Menu
RSS

Wujudkan Kepuasan Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Luncurkan "Aplikasi Mudik Mobile"

Wujudkan Kepuasan Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Luncurkan "Aplikasi Mudik Mobile"

MATARAM - Sebagai wujud kepdulian BPJS Kesehatan dalam memberikan kenyamanan dan kepuasan peserta JKN-KIS, terutama kelancaran saat Mudik Lebaran tahun 2017 ini. BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan prosedur pelayanan. BPJS Kesehatan meluncurkan "Aplikasi Mudik Mobile".

"Untuk kemudahan informasi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan meluncurkan Aplikasi Mudik Lebaran tahun ini," ungkap Muhammad Ali, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Mataram, di Mataram, Kamis (15/6/2017).

Dijelaskan Muhammad Ali, dalam rangka mendukung kelancaran peserta yang sedang mudik, BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik yang akan dimulai pada 21-24 Juni 2017, di delapan titik wilayah.

Kedelapan titik wilayah itu, lanjut dia, diantaranya di Pelabuhan (Merak Banten, Gili Manuk Bali, dan Soekarno Hatta Makssar), di Terminal (Pulo Gadung, Bungurasih Surabaya, dan Tirtonadi Surakarta), serta di Statsiun (Bandung Jawa Barat dan Yogyakarta).

Pelayanan yang akan didapat peserta JKN-KIS di Posko Mudik yaitu konsultasi kesehatan, fasilitas rileksasi atau istirahat bagi pemudik, dapat melakukan pemeriksaan sederhana, obat-obatan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, tindakan sederhana yang bersifat emergency, rujukan bilamana sangat diperlukan. Dan BPJS Kesehatan juga melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurutnya, tujuan penerapan kebijakan khusus dalam prosedur pelayanan kesehatan ini, untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan. Peserta JKN-KIS yang sedang mudik tetap bisa memperoleh pelayanan kesehatan, baik saat dalam perjalanan maupun saat telah sampai tujuannya..

Kebijakan ini diterapkan di seluruh kantor BPJS Kesehatan di Indonesia beradasarkan surat edaran Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Nomor 37 Tahun 2017, tentang pelayanan peserta JKN-KIS pada masa libur Lebaran tahun 2017.

Berikut petikan surat edaran Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Nomor 37 Tahun 2017, tentang pelayanan peserta JKN-KIS pada masa libur Lebaran tahun 2017;
1. Pastikan peserta selalu membawa Kartu JKN-KIS (KIS, BPJS Kesehatan, Askes, KJS, dn Jamkesmas)
2. Pastikan kartu peserta tersebut masih aktif. Cek iuran peserta dapat dilihat pada website www.bpjs-kesehatan.go.id pada Menu "Cek Iuran Peserta" atau aplikasi "BPJS Kesehatan Mobile"
3. Pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS pada saat libur lebaran tahun 2017 dapat dilakukan yaitu
a. Dalam kondisi Emergency : Untuk khusus gawat darurat (emergency), peserta dapat langsung dilayani di IGD Rumah Sakit terdekat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
b. Dalam kondisi Non-Emergency : Peserta dapat langsung mendapatkan pelayanan di IGD Rumah Sakit yang bekerjasama untuk mendapatkan pelayanan medis dasar atau pelayanan non-gawat darurat di unit Gawat Darurat.
3. Pelayanan diberikan pada 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017 4. Fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran bayaran dari peserta.

"Kebijakan tersebut mengacu pada Prinsip Portabilitas (Memberikan jaminan yang berkelanjutan meskipun peserta berpindah pekerjaan atau tempat tinggal dalam satu wilayah NKRI, red) yang dianut BPJS Kesehatan," ujarnya.



Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan

Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan adalah aplikasi yang dibangun BPJS Kesehatan, yang berfungsisebagai media informasi bagi masyarakat ketika melakukan perjalanan mudik tahun 2017.

Peserta JKN-KIS maupun masyarakat dapat mengunduh atau mendownload aplikasi tersebut melalui Goole Play Store untuk Android Device.

Fitur-fitur yang terdapat dalam Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yaitu Telepon penting, Kantor BPJS Kesehatan, Faskes BPJS Kesehatan, Tanya jawab BPJS Kesehatan, Info BPJS Kesehatan, Tips BPJS Kesehatan, Lokasi penting, dan Media Sosial BPJS Kesehatan.

(r3/*BPJS Kesehatan Mataram)

^ KEMBALI KE ATAS