Menu
RSS

Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama Dilepas Wali Kota

Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama Dilepas Wali Kota

MATARAM – Masih dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (HAB Kemenag) Republik Indonesia ke-71 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dipusatkan pelaksanaannya di Kota Mataram, Jumat (6/1/2017), Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana melepas sekitar 8.000 orang peserta Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama di ruas jalan depan kantor Wali Kota Mataram.

Gerak jalan diikuti oleh perwakilan dari seluruh umat beragama di Kota Mataram, siswa-siswi serta guru-guru sekolah dan madrasah yang berada dalam naungan Kemenag RI, serta turut diramaikan oleh jajaran keluarga besar Kemenag Provinsi NTB.

Mengawali kegiatan gerak jalan, terlebih dahulu dibacakan penyataan atau ikrar bersama antara tokoh-tokoh agama di NTB. Pernyataan bersama berisi tekad untuk bersama-sama memelihara kerukunan umat beragama berlandaskan rasa toleransi, menjaga kedamaian dalam bingkai kebhinekaan, dan mengayomi serta memimbing umat masing-masing agama dengan tidak menolerir segala bentuk penistaan terhadap setiap agama. Ditandatangani oleh Ketua MUI NTB H. Saiful Mukmin, Ketua PHDI NTB I Gde Mandra, Ketua DEKENAT NTB Rm. Lourensius Marnyon, Ketua FKGK NTB Pdt. Suwardi, Ketua MBI NTB Metawadi, dan Ketua MATAKIN NTB S. Widjanarko.

Dikatakan Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh sesaat sebelum melepas peserta gerak jalan, kerukunan umat beragama menjadi modal besar bagi Kota Mataram dalam melaksanakan pembangunan. Kota Mataram sebagai kota yang heterogen, dihuni oleh masyarakat dengan berbagai latar belakang baik suku maupun agama, dapat dikatakan telah berhasil dalam menjaga persatuan diantara keberagaman yang ada. Meski dengan beragam perbedaan, masyarakat di Kota Mataram dapat tetap hidup berdampingan serta bertoleransi satu sama lain.

“Bagi kita di Mataram damai itu sudah biasa. Tapi kerukunan umat beragama harus terus dipupuk dan dikembangkan. Perlu untuk terus ditanamkan kepada anak cucu kita”, ucapnya.

Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-71 jatuh pada tanggal 3 Januari 2107. Pada kegiatan yang dipusatkan di Kota Mataram tersebut, Kemenag Provinsi NTB juga telah menggelar upacara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur NTB HM. Amin di Lapangan Umum Sangkareang Kota Mataram. Dihadiri oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Kepala Kemenag se-Provinsi, NTB, jajaran Kepala Sekolah dan Madrasah se-Pulau Lombok, serta diikuti oleh keluarga besar Kemenag RI yang ada di Kota Mataram dan sekitarnya.

Usai upacara, seluruh tamu undangan dijamu oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh untuk santap siang bersama di Pendopo Wali Kota Mataram.

(hms-mtr/red)

^ KEMBALI KE ATAS

Top 10 News