Menu
RSS

Wali Kota Mataram Mendapat Penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah 2017

Wali Kota Mataram Mendapat Penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah 2017

MATARAM – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menjadi satu dari 21 orang Kepala Daerah yang mendapat penghargaan sebagai Inspirator Pembangunan Daerah Tahun 2017.

Penyerahan penghargaan dari Pusat Kajian Keuangan Negara tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Redtop Hotel Jakarta pada Kamis (15/06/17), bertepatan dengan momentum 21 tahun pelaksanaan Otonomi Daerah.

Selain dihadiri oleh para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota penerima penghargaan, acara penyerahan penghargaan juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara Prasetyo, Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar, anggota BPK RI Isma Yatun, Rektor IPDN Ermaya Suradinata, serta para peneliti dan akademisi.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara Prasetyo mengatakan, 21 orang yang diberi penghargaan merupakan Kepala Daerah yang dianggap mampu menjadi inspirator pembangunan daerah. Keseluruhannya dipandang memiliki inovasi, terobosan, dan gagasan, yang mampu menginspirasi elemen pemerintahan maupun masyarakat dalam membumikan Otonomi Daerah.

Apresiasi yang diberikan tersebut merupakan sebuah wujud penghargaan agar para Kepala Daerah terus bersemangat dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

“Mereka pantas diberikan apresiasi karena mampu mengimplementasikan gagasan ke dalam kebijakan pembangunan. Hasilnya pun dapat dirasakan secara nyata baik secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat”, ucapnya.

Masing-masing Kepala Daerah memiliki poin penting masing-masing yang menjadi pertimbangan dalam perolehan penghargaan. Untuk Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, terdapat empat poin yaitu; komitmen pengembangan ekonomi kerakyatan dengan peningkatan kapasitas para pedagang, memfasilitasi permodalan, dan penjualan koperasi, mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan sehat dengan kemudhan investasi yang cepat, murah, dan transparan yang disebut dengan program ODS/SEHATI, Survive dengan mengeluarkan beberapa arahan untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu pembangunan, serta reformasi birokrasi dan fokus pada upaya menekan angka kemiskinan.

Selain Wali Kota Mataram H. Ahyar Abuh, terdapat tiga orang Kepala Daerah lain dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang meraih penghargaan. Yaitu Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Muhammad Zainul Majdi, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, dan Bupati Lombok Tengah Suhaili Fadli Thohir.

Ke-21 orang Kepala Daerah yang memperoleh penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah Tahun 2017, 90 persen berasal dari wilayah Indonesia Timur. Diantaranya adalah Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, dan Wali Kota Palu Hidayat. Turut pula memperoleh penghargaan serupa Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

(r3/*Humas Mataram)

^ KEMBALI KE ATAS

Top 10 News