Menu
Jumat, 24 November 2017 | 8:59:44 am

Setiap OPD Ditekankan Tanggap Tangani Aduan di Aplikasi 'Mataramku Lapor'

Aplikasi Android 'Mataramku Lapor' Aplikasi Android 'Mataramku Lapor'

MATARAM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito mengatakan, untuk menanggapi pengaduan atau laporan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram akan memberikan fasilitas android bagi para pimpinan OPD lingkup Kota Mataram secara bertahap.

Dikatakan Sekda, sampai dengan tahun anggaran 2018 mendatang, semua pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat, dan Lurah akan mendapat fasilitas android, dan diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan terkait Mataram Smart City secara tepat. Sehingga setiap pengaduan melalui aplikasi 'Mataramku Lapor' dapat ditanggapi dan dicarikan solusinya sesegera mungkin.

“Selain harus bisa mengoperasikan aplikasi androidnya, OPD terkait juga harus segera menyiapkan langkah-langkah penanganan”, ujar Eko, pada rapat koordinasi (rakor) bulanan dengan para pimpinan OPD, Camat, dan Lurah di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram pada Senin 4 September 2017.



Meski telah diluncurkan secara resmi sejak tanggal 31 Agustus 2017, bertepatan dengan momentum HUT ke-24 Kota Mataram, Mataram Smart City masih harus terus dimantapkan penerapannya di kalangan OPD lingkup Kota Mataram. Maka, dalam kesempatan itu, Sekda sekaligus menggelar sosialisasi, khususnya terkait penggunaan aplikasi android Mataramku Lapor sebagai aplikasi pengaduan bagi masyarakat dan Mataramku Tanggap yang merupakan aplikasi yang diperlukan OPD terkait lingkup Kota Mataram untuk menanggapi laporan masyarakat.

Aplikasi Mataramku Lapor lanjut Sekda, adalah satu bagian dari program Mataram Smart City, berupa aplikasi berbasis android untuk pengaduan online terpadu, yang dapat dipasang di ponsel milik masyarakat agar dapat melaporkan secara langsung terkait banjir, sampah, kemacetan atau lalu lintas, PJU, dan lain-lain.

Begitu diunggah melalui aplikasi tersebut, laporan dapat langsung ditanggapi oleh OPD terkait sehingga proses penanganan menjadi jauh lebih cepat. Selain itu masih ada layanan lain dari program Mataram Smart City, seperti pemasangan CCTV di beberapa titik yang saat ini baru terpasang 10 unit dan akan ditambah secara bertahap untuk pengawasan sampah di TPA dan lalu lintas, Command Center, koneksi intenet bagi masyarakat dan beberapa layanan lain. Keseluruhan layanan tersebut diawasi secara langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram melalui aplikasi berbasis android serupa.

(r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik