Menu
Jumat, 24 November 2017 | 9:07:10 am

Prekrutan Panwascam Kota Mataram, Diminta Peran Aktif Masyarakat

Hasan Basri, Ketua Pokja pembentukan Panwascam se Kota Mataram Hasan Basri, Ketua Pokja pembentukan Panwascam se Kota Mataram

MATARAM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataram meminta agar masyarakat terlibat dan berperan aktif dalam perekrutan pantia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam). Pasalnya Panwaslu sedang melakukan penjaringan terhadap calon Panwascam se Kota Mataram yang saat ini sudah memasuki dalam tahap verifikasi berkas.

Menurut Ketua Pokja pembentukan Panwascam se Kota Mataram Hasan Basri, pihaknya berharap dalam perekrutan anggota Panwascam akan merekrut sebanyak 18 orang yang saat ini sudah memasuki tahap verifikasi berkas. Dimana setelah itu nanti pada tanggal 10 Oktober akan diumumkan siapa yang dinyatakan lulus administrasi dari sebanyak 192 orang calon yang terdiri dari 216 orang laki laki dan 26 perempuan tersebut.

Pada kesempatan tersebutlah peran masyarakat untuk berperan aktif terkait dengan seperti apa dari calon calon tersebut, apakah calon itu menjadi pengurus partai politik atau ada hubungan perikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

"kami minta tanggapan masyarakat bagi mereka yang lulus verifikasi berkas dan berharap masyarakat berperan aktif, dan kami jamin kerahasiaannya," ucap Hasan, Kamis 5 Oktober 2017. Untuk menjaga kerahasian pelaporan tersebut, lanjut Hasan, masyarakat diminta untuk mengisi formulir yang telah disiapkan.


Sementara itu selanjutnya pada tanggal 16 Oktober dilakukan tes tertulis dalam hal ini menggunakan nilai tertinggi dan sistem gugur.

"kita gunakan sistem nilai tertinggi saat tes tulis karena yang diambil sebanyak enam orang perkecamatan", ungkapnya.

Lalu, pada akhir bulan Oktober dijadwalkan dengan tes wawancara dan akan terseleksi sebanyak tiga orang per kecamatan yang ada di Kota Mataram terdiri dari enam kecamatan.

"kita jadwalkan bahwa pada akhir Oktober sudah dilakukan pelantikan bagi anggota panwascam se Kota Mataram", terangnya.

Bahkan pada kesempatan tersebut, Hasan Basri dengan tegas mengatakan bahwa rekrutmen anggota Panwascam tersebut dijamin transparan dan bahkan tidak ada dipungut biaya sepeserpun.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik