Menu
Selasa, 21 November 2017 | 6:08:50 am

Jadi Pilot Project, Posko Terpadu P4GN Karang Bagu Mataram Dicanagkan

Pencanagan Posko Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Karang Bagu, Kelurahan Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram Pencanagan Posko Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Karang Bagu, Kelurahan Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram

MATARAM – Posko Terpadu P4GN di Lingkungan Karang Bagu, Kelurahan Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, dicanangkan menjadi pilot project BNN Kota Mataram untuk melaksanakan program P4GN bersama-sama dengan masyarakat.

Kepala BNN Kota Mataram H Nur Rachmat mengatakan pendirian posko P4GN di Lingkungan Karang Bagu tersebut merupakan tindak lanjut dari permohonan warga setempat untuk membersihkan wilayah tempat tinggalnya dari keberadaan narkoba yang telah merusak kehidupan masyarakat Karang Bagu.

BNN Kota Mataram, menurutnya selama ini telah berupaya meminimalisir peredaran gelap narkoba di wilayah tersebut, dan dengan inisiatif warga untuk memiliki posko P4GN, pendampingan, serta upaya kolektif dari semua pihak, diharapkan nantinya lingkungan tersebut dapat benar-benar bersih dari narkoba.


Posko yang didirikan di wilayah tersebut yang juga telah ditetapkan sebagai pilot project pemberantasan narkoba di Kota Mataram, kemudian akan diterapkan pada wilayah lain yang juga telah dipetakan sebagai wilayah rawan narkoba.

Keresahan warga Lingkungan Karang Bagu atas label negatif lingkungan tempat tinggalnya sebagai sarang narkoba juga disampaikan Kepala Lingkungan (Kaling) Karang Bagu, Sahrul. Sebenarnya warga lingkungan tersebut sangat ingin kampungnya bisa seperti kampung-kampung lain yang dikenal sebagai kampung dengan reputasi baik. Karena keberadaan pengedar maupun pengguna narkoba di wilayah tersebut dianggap sudah sangat meresahkan dan berpotensi merusak masa depan anak-anak yang tinggal disana.

Kaling Sahrul memohon agar pemerintah dapat terus memberikan perhatian agar wilayahnya dapat bersih dari narkoba. “Tolong jangan tinggalkan kami. Kepada pihak-pihak yang telah merusak kampung kami, jangan jadikan kami sebagai korban, jangan korbankan anak-anak kami”, pintanya mewakili warga setempat.

Menanggapi keresahan warga Lingkungan Karang Bagu, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana menekankan bahwa persoalan yang ada bukan hanya persoalan warga Lingkungan Karang Bagu saja melainkan persoalan kolektif semua pihak yang membutuhkan penanganan secara bersama.

Pada kesempatan tersebut Mohan langsung meminta pada perwakilan OPD terkait yang turut hadir di lokasi untuk memberikan perhatian khusus dan prioritas lebih. Apalagi terbukti sudah ada inisiatif dan kemauan dari masyarakat setempat untuk bergerak.

Kedepan pihaknya akan berupaya mengintervensi melalui kebijakan anggaran dan program yang bisa memberi dampak positif serta dapat benar-benar dirasakan kemanfaatannya bagi gerakan P4GN di wilayah tersebut.

“Saya berjanji dengan sepenuh hati dan membuka diri kapan saja. dengan kapasitas yang kita miliki, kita sama-sama memperbaiki keadaan disini. Ini juga untuk masa depan anak-anak kita, jangan sampai kita ciptakan sejarah kelam utk anak-anak hanya karena ego dan kesenangan pribadi”, tegasnya.

Hadir dalam pencanagan Posko Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tersebut diantaranya Kepala BNN Provinsi NTB Kombes Pol Imam Margono, Kepala BNN Kota Mataram H Nur Rachmat, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana bersama jajaran Organisasi Perangat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, serta tokoh masyarakat dan warga setempat.

(r3)

^ KEMBALI KE ATAS