Menu
Selasa, 21 November 2017 | 6:04:21 am

Panwascam se Kota Mataram Dilantik, Jadi Garda Terdepan Pengawasan

Panwascam se Kota Mataram Dilantik, Jadi Garda Terdepan Pengawasan

MATARAM - Sebanyak 18 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kota Mataram untuk pengawas pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB tahun 2018, dilantik pada Selasa 31 Oktober 2017.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panwascam yang menjadi garda terdepan dalam tugas pengawasan tersebut dilakukan langsung oleh ketua Panwaslu Kota Mataram disalah satu hotel di Kota Mataram.

Pada kesempatan tersebut dihadapan ke 18 anggota Panwascam, ketua Panwaslu Kota Mataram Drs Ruslan mengatakan bahwa para Panwascam yang dilantik merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan terhadap proses pemilukada gubernur dan wakil gubernur NTB 2018.

"Panwascam nantinya akan bertugas mengawasi semua proses pemilihan serentak gubernur dan wakil gubernur (pilgub) NTB 2018 mendatang," ucapnya sesaat setelah melakukan pelantikan.

Menurutnya proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur harus diawasi secara profesional, oleh karena itu panwascam garda terdepan dalam pengawasan pilgub harus banyak membaca aturan aturan terkait dengan tugas tugas dari pengawasan.

"Saya harapkan agar saudara-saudara untuk melengkapi diri dengan membaca tentang proses pengawasan dan pedomannya yaitu peraturan Bawaslu dan peraturan KPU agar pengawsan bisa terlaksana dengan baik," imbuhnya.

Kalau proses pengawasan tidak profesional, kata dia, maka hasilnya tidak akan maksimal, karena itu sebagai pengawas harus banyak membaca agar lebih pintar dari yang diawasi.

Dikatakan ketua Panwaslu bahwa panwascam dengan segala keterbatasannya dalam melakukan pengawasan karena terbentur masalah jumlah dan luas wilayah yang harus diawasi, maka melalui kesempatan ini di harapkan kerjasama semua pihak termasuk dari masyarakat agar bisa menjadi pengawas partisipatif dalam membantu tugas pengawasan.

Dengan proses dan hasil pemilihan gubernur yang baik sesuai dengan Undang Undang (UU)dan akan menghasilkan pemimpin yang baik bagi NTB dalam membangun NTB kedepannya.


Pelantikan dan pengambilan sumpah petugas pengawas tingkat kecamatan tersebut disaksikan dan hadiri oleh para komisioner Panwaslu Kota Mataram dan sekretaris Panwaslu Kota Mataram, Dandim 1606 Lombok Barat Letkol Djoko Rahmanto SE, Kapolsek Mataram Kompol Taufik, Kapolsek Cakranegera Kompol Haru Dinzah, Wakapolsek Ampenan AKP Marzuki, Staf Ahli bidang hukum dan pemerintahan Pemkot Mataram M Saleh, Komisioner KPU Kota Mataram Bedi Saparwadi serta perwakilan dari Bawaslu NTB.

Sementara itu Walikota Mataram yang diwakili oleh Staf Ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan M Saleh mengucapkan selamat atas pelantikan anggota panwascam se kota Mataram tersebut.

Pada kesempatan tersebut pihak pemerintah kota Mataram berharap kepada Panwascam agar dapat melaksanakan tugas dengan baik agar pelaksanaan Pilgub NTB 2018 nanti berjalan lancar damai dan kondusif.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS