Menu
Selasa, 21 November 2017 | 6:03:21 am

Jelang Pilgub NTB 2018, Panwaslu Kota Mataram Terus Matangkan Persiapan

Jelang Pilgub NTB 2018, Panwaslu Kota Mataram Terus Matangkan Persiapan

MATARAM - Jelang Pemilihan Gubermur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTB yang akan diselenggerakan tinggal menghitung bulan ini, tepatnya pada bulan Juni 2018 mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan.

Persiapan-persiapan juga tampak dilakukan oleh lembaga penyelenggara pemilu yang akan bertugas untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi memilih pemimpin di Bumi Gora ini.

Untuk mempersiapkan pengawasan dalam pesta dari rakyat untuk rakyat, satu kali dalam lima tahun tersebut, para anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Koordinator Sekretariat serta Bendahara se Kota Mataram diberikan bimbingan tehnis.

Kegiatan bintek bagi para anggota Panwascam dan Koordinator Sekretariat serta Bendahara tersebut terkait dengan persiapan pengawasan tahapan Pemilukada NTB 2018 mendatang digelar oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataran.

Ketua Panwaslu Kota Mataram Drs Ruslan mengatakan bahwa apa yang disampaikan didalam bintek ini merupakan bekal yang nanti akan digunakan pada saat menjalankan tugas, baik bagi anggota Panascam, Koordinator Sekretariat maupun Bendahara.

"Saya berharap kita memahami seperti apa tugas kita dalam melakukan pengawasan dan harus sesuai dengan aturan yang ada," ucapnya saat membuka acara bintek, Rabu (8/11/2017) siang.


Karena itu menurutnya, bintek ini juga dalam rangka melakukan peningkatan kapasitas Panwaslu dalam melakukan pengawasan dan untuk pertemuan kali ini terkait dengan tahapan pengawasan Pilgub NTB 2018 pada bulan Juni 2018 nanti.

"Saya harapkan melalui bintek ini juga pada bapak/ibu dan koordinator sekretariat juga harus memahami bagaimana pengawasan, juga nantinya bagaimana dalam menerima laporan dan pengaduan dari masyarakat," ungkapnya.

Dimana pengawasan yang dilakukan oleh Panwas itu dilakukan dalam semua tahapan atau proses pelaksanaan Pemilukada NTB 2018 mendatang.

Sementara itu dalam laporannya ketua panitia Lalu Abdul Hanan mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaran bintek persiapan pengawasan tahapan Pilgub NTB yang diikuti oleh sekitar 30 orang dari para anggota Pawascam, Koordinator Sekretariat dan Bendahara tersebut adalah untuk memperoleh pengetahuan dan informasi terkait baik formal maupun informal khususnya yang bersifat teknis dalam rangka pengawasan persiapan Pilgub 2018, demi mensukseskan Pemilu yang Luber dan Jurdil sesuai dengan Undang Undang No 7 Tahun 2017 secara baik dan benar.

Sedangkan dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut menghadirkan narasumber dari internal Panwaslu Kota Mataram yaitu Ketua Drs Ruslan, Komisioner Hasan Basri, Dewi Asmawardhani dan Koordinator Sekretariat Baiq Baktiyanti. Adapun materi yang disampaikan yaitu terkait Pengawasan Tahapan Pilgub NTB. Kemudian sistem dan tata kelola organisasi dan tata cara pelaporan dan penanganan pelanggaran serta sistem pengelolaan administrasi.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS