Menu
RSS

Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Selama Tiga Bulan

Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Selama Tiga Bulan

LOMBOK - Jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok NTB, resmi ditutup bagi para pelaku wisata maupun pengunjung. Penutupan berlaku pasca Surat Edaran yang dikeluarkan Direktorat Jendral Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekosistem RI pada Desember 2016 kemarin.

Kepala BPBD NTB Muhammad Rum menjelaskan bahwa berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jendral Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekosistem tersebut penutupan semua jalur pendakian ke Taman Nasional Gunung Rinjani diberlakukan sejak 1 Januari 2017 ini hingga nanti tiga bulan kedepan.

Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani dinyatakan DITUTUP UNTUK UMUM terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017," ucapnya seperti yang dikutip dalam SE yang ditembuskan kepada BPBD NTB.

Menurutnya bahwa pertimbangan dilakukan penutupan jalur pendakian karena sehubungan dengan pertimbangan kondisi cuaca di Pulau Lombok khususnya di Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Dimana kondisi cuaca antara bulan Januari - Maret 2017 yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas curah hujan sedang sampai dengan tinggi (101 mm sampai 400 mm) yang disertai angin kencang sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan pengunjung.

Selain itu yang menjadi alasan penutupan jalur pendakian juga dalam rangka pemulihan ekosistem di Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani.

(joko/red)

^ KEMBALI KE ATAS

Top 10 News