Menu
Selasa, 21 November 2017 | 6:04:31 am

Potensi Ruminansia NTB Cukup Besar, Pemda Beri Perhatian Khusus

Potensi Ruminansia NTB Cukup Besar, Pemda Beri Perhatian Khusus

MATARAM - Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat (Sekda NTB), H Rosiady Sayuti menegaskan NTB selama ini memberikan perhatian khusus untuk pengembangan peternakan. Mengingat NTB memiliki potensi ruminansia yang cukup besar.

"Selama ini NTB telah banyak berkontribusi terhadap peternakan nasional, mulai dari pengiriman daging dan pengiriman pedet ke beberapa daerah di Indonesia," sebut H Rosiady, saat memberikan sambutan di acara seminar internasional pengembangan ilmu pakan dan nutrisi ternak atau International Seminar of Animal Nutrition and Feed Cciences (ISAINI) ke-5 tahun 2017, di Hotel Jayakarta Senggigi, Lombok Barat (Lobar), Selasa (7/11/2017).


Tahun 2017 ini saja, ungkap Rosiady, Provinsi NTB telah mengekspor sapi sebanyak 30.000 ekor dan sapi pedet sebanyak 10.000 ekor. Karena itu untuk mengembangkan potensi peternakan yang besar tersebut, maka sejak tahun 2009 Pemerintah daerah (Pemda) NTB terus fokus dalam pengembangan ternak sapi melalui program unggulan Bumi Sejuta Sapi (BSS).

Ia mengatakan program NTB BSS selain dihajatkan untuk meningkatkan pertumbuhan populasi ternak sapi di Indonesia, juga untuk melestarikan budaya beternak di sebagian kalangan masyarakat NTB yang sudah berlangsung sejak lama.

Tradisi beternak itu, khususnya di pulau Sumbawa, menurut Rosiady, telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat yang hidup secara turun temurun. NTB memiliki history yang cukup gemilang dalam perdagangan sapi antar pulau sejak ratusan tahun yang silam.

"Kedepan NTB diharapkan dapat memenuhi permintaan daging yang semakin tinggi di Indonesia, sekaligus sebagai penyuplai bibit ternak berkualitas bagi berbagai provinsi lainnya di Indonesia," tandasnya.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS