Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 9:11:15 am

Penyelenggara Pemilu Harus Bekerja Benar dan Profesional

Penyelenggara Pemilu Harus Bekerja Benar dan Profesional

MATARAM - Pilkada serentak 2018 mendatang, momentum penting dalam proses demokrasi di NTB. Cacatnya proses dalam setiap tahapan akan menjadi catatan hitam bagi perjalanan demokrasi kedepan.

"Salah satu siklus paling penting yang harus bekerja benar adalah penyelenggara pemilu. Bila penyelenggara tidak profesional dan berpihak, maka bisa dipastikan hasil pilkada akan datang akan kehilangan keabsahan," kata Ketua Presidium Gerakan Pilkada Bersih (GPB) Irfan SSos, seraya mengatakan pilkada serentak harus diawasi oleh seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya, salah satu tahapan yang sekarang sedang berlangsung adalah verifikasi faktual calon perseorangan (indrpenden), tahapan ini akan menjadi batu uji pertama bagi penyelengara pemilu untuk menunjukkan cara bekerja yang benar dan profesional. Untuk itu pihak GPB akan terlibat langsung dalam melakukan pengawasan seluruh tahapan pemilukada di NTB.


"Kami Gerakan Pilkada Bersih menyatakan sikap bahwa akan mengawasi seluruh tahapan pilkada serentak di NTB untuk memastikan pilkada ini berjalan secara benar dan bersih," ucapnya.

Selain itu pihak GPB juga akan mengadvokasi setiap pelanggaran pilkada yang terjadi dibawah sampai seluruh tahapan selesai. Ia berharap kepada penyelenggara pemilu agar melakukan verifikasi faktual dengan cara yang benar dan tidak berpihak.

"Kami akan himpun seluruh pelanggaran yang terjadi dan akan mendampingi masyarakat agar berani menolak setiap upaya pemaksaan ataupun bila verifikasi faktual dilakukan dengan cara yang tidak benar," ujarnya. Oleh karena itu untuk mengawal hal tersebut GPB akan membuat pusat pengaduan pelanggaran pilkada.

GPB menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari organisasi masyarakat sipil, akademisi dan seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mengawasi seluruh proses dan tahapan pilkada ini.

"Bila terjadi pelnggaran jangan takut untuk bersuara dan bersikap dan silahkan laporkan kepada kami. Terima kasih," tandasnya.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS