Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 4:42:07 am

BNNP NTB Siap Periksa Paslon Peserta Pilkada Serentak Tanpa Pandang Bulu

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara KPU NTB dengan RSUD Provinsi NTB, BNNP NTB dan HIMPSI NTB dalam rangka pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pilkada serentak se NTB, bertempat di RSUD Provinsi NTB, Kamis (4/1/2018) Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara KPU NTB dengan RSUD Provinsi NTB, BNNP NTB dan HIMPSI NTB dalam rangka pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pilkada serentak se NTB, bertempat di RSUD Provinsi NTB, Kamis (4/1/2018)

MATARAM - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTB, Brigjen Pol Imam Margono, mengatakan bahwa pihaknya siap dalam memeriksa para calon kepala daerah dan akan dilakukan secara profesional tanpa terpengaruh apapun.

"BNNP siap dalam memeriksa, tidak mau dipengurhi apapun," ucapnya dalam acara penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara KPU NTB dengan RSUD Provinsi NTB, BNNP NTB dan HIMPSI NTB dalam rangka pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pilkada serentak se NTB, bertempat di RSUD Provinsi NTB, Kamis (4/1/2018) pagi.

Menurutnya bahwa jika hasil test urine ada bakal calon kepala daerah yag positif maka akan disampaikan positif tidak pandang bulu. "Misalnya jika ada yang positif maka akan saya sampaikan positf namun tentunya hasilnya akan saya sampaikan pada ketua tim pemeriksaan yaitu IDI, nanti akan disampaikan dalam rapat pleno," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, jika ada yang positif narkoba maka pihaknya akan melakukan rehab dan sudah siap untuk dilakukan rehab. "Rehab itu ada dua yaitu rehab rawat jalan dan rehat inap, rawat inap kita rujuk ke RSJ," katanya sembari menegaskan nantinya prosedur yang akan diterapkan oleh BNNP NTB dalam memeriksa urine akan memperlakukan sama terhadap semua bakal calon.

Sementara itu ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan bahwa para bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah harus sehat jasmani dan tentunya juga bebas dari penyalahgunaan natkoba.

"Maka dari itu saat ini KPU NTB melakukan penandatangan MoU pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan IDI NTB, BNNP NTB dan HIMPSI NTB," ujarnya.

Menurutnya bahwa seluruh tim dokter dari IDI dan HIMPSI bersama dengan BNNP akan melakukan satu rangkain pemeriksaan detail dimana item itemnya sudah diatur. "Sehingga nanti akan ada dua kesimpulan apakah bakal calom sehat jasmani dan rohani serta bakal bebas narkoba atau tidak," terangnya seraya menambahkan jikalau ada yang positif akan ada lanjutan pemeiksaan dari pihak BNNP NTB.

Penandangan MoU juga dilakukan oleh pihak KPU Lombok Barat, KPU Lombok Timur dan KPU Kota Bima disaksikan oleh para dokter yang terlibat dalam tim pemeriksaan, pihak pemerintah provinsi NTB, Bawaslu NTB hingga dari perwakilan partai politik dan calon perseorangan.

(mn-07/r3)

^ KEMBALI KE ATAS