Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 9:00:53 am

Dinas Pertanian Lotim Akan Segera Telusuri Dugaan Pungutan Asuransi Fiktif di Sejumlah Poktan

Kadis Pertanian Lotim, Zaini Kadis Pertanian Lotim, Zaini

LOTIM - Dinas Pertanian Lombok Timur (Lotim) berencana segera turun langsung ke lapangan guna memastikan terkait dugaan pungutan liar berlabel asuransi pertanian yang dipungut pihak dinas kepada sejumlah kelompok tani (poktan) di Labuhan Haji, Lotim.

"Terkait persoalan pembayaran asuransi yang sebesar Rp 10 ribu yang dibayarkan petani ke pihak Dinas Pertanian tersebut, dalam waktu dekat ini kami akan mencoba mengkrosceknya langsung ke lapangan," terang Zaini, Kadis Pertanian Lotim, Rabu (10/1/2018).

Menurut Zaini, pengecakan itu dilakukan untuk memastikan, apakah betul beberapa kelompok tani itu membayar asuransi sebesar Rp10 ribu sesui dengan luas lahanya atau tidak. Sebab menurutnya, jika dilihat dari jumlah premi asuransi yang harus dibayarkan, semestinya membayar sebesar Rp 36 ribu.

Zaini juga berjanji akan terus mencari tahu kaitan dengan pembayaran premi sebesar Rp 10 ribu tersebut ke Petugas Lapangan (PL), guna memastikan apakah sudah di setor ke kepala Unit Pelayanan Pertanian (UPP) atau belum.

"Apabila hasil turunya kami di lapangan nanti, ternyata luas lahan petani itu seauai dengan apa yang dibayarkan, maka kita akan pastikan ke petugas lapangan dan ke kepala UPP pertanian, apakah pembayaran premi asuransi anggota kelompok tani tersebut sudah di setor ke perusahaan asuransi atau belum," ujarnya.

Menurutnya, jika sudah disetorkan maka dalam waktu dekat anggota kelompok tani dipastikan akan memegang kartu premi asuransinya. Kendati pembayaran premi tersebut jauh dari ketentuan yang harus dibayarkan oleh petani per musimnya.

(mn13-r3)

^ KEMBALI KE ATAS