Menu
Selasa, 24 April 2018 | 8:55:57 pm

Desain Disetujui, Proses Pencetakan Surat Suara Pilgub NTB Akan Ditender

Komisioner KPU NTB, Hesty Rahayu menunjukkan desain surat suara Pilgub NTB 2018 Komisioner KPU NTB, Hesty Rahayu menunjukkan desain surat suara Pilgub NTB 2018

MATARAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB tandatangani desain surat suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju dalam pilkada NTB 2018.

Penandatangan desain surat suara tersebut dilakukan antara KPU NTB dengan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang maju dalam pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang diwakili masing masing tim penghubung.

Desain surat suara tersebut terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan untuk diteliti nama dan gelar dari masing masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, sebelum nantinya akan dilakukan pencetakan surat suara.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan setelah secara bersama sama menandatangani dan menyepakati desain surat suara dan nanti KPU NTB akan melelang atau proses tednder pencetakan surat suara dalam waktu dekat.

"Jumlah surat suara yang akan dicetak nantinya sesuai dengan jumlah DPT ditambah dengan 2,5 persen," ucapmya dalam acara penandatangan desaen surat suara calon gubernur dan wakil gubermur NTB, di Mataram Kamis (12/4/2018).

Menurutnya, kenapa proses desain hingga nanti setelah adanya pemenang lelang pencetakan surat suara kembali akan meminta persetujuan dari pasangan calon, karena sebagai penyelenggara pilkada, KPU tidak ingin ada persoalan dibelakang hari terkait dengan surat suara.

"Setelah proses lelang dan ada pemenangnya kami akan minta persetujuan dari tim dan calon kerena tentu hal ini menjadi perhatian kami sebagai penyelenggara. Kami tidak ingin sepihak dan tidak ingin ada persoalan di belakang hari setelah surat suara dicetak, karena jika ada masalah maka sangat tinggi resikonya terkait dengan anggaran," terangnya didepan tim penghubung masing masing pasangan calon dan komisioner Bawaslu NTB.

Sementara itu komisioner KPU NTB divisi logistik, Hesty Rahayu mengatakan ukuran surat suara yang nantinya akan digunakan pada Pilgub NTB dengan ukuran 36 cm x 23 cm dengan warna dan jenis tulisan serta desainnya sudah diatur dan aturannya langsung dari KPU pusat.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Top News