Menu
Senin, 22 Oktober 2018 | 1:02:38 pm

Loteng Tuan Rumah GISA, Pathul Harap e-KTP Bisa Tuntas

Loteng Tuan Rumah GISA, Pathul Harap e-KTP Bisa Tuntas

LOTENG - Program Gerakan Indonesia Sadar Adminitrasi Kependudukan (GISA) dilaksanakan selama tiga hari, mulai 14-16 Mei 2018. Launching program GISA di Alun Alun Tastura Lombok Tengah (Loteng) disambut antusia dan dipadati masyarakat.

"Masyarakat Lombok Tengah yang wajib KTP mencapai 750 ribu jiwa lebih," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, pada acara Launching GISA tersebut.

Dijelaskannya Plt Bupati Loteng, jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman mencapai 650 ribu jiwa lebih atau 87,57 persen. Sisa yang belum melakukan perekaman mencapai 93 ribu jiwa lebih atau 12,34 persen.

Saat ini, kata Pathul, pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk menuntaskan perekaman dan akte kelahiran di Lombok Tengah. Namun yang menjadi kendala adalah peralatan. Sehingga dengan adanya program GISA, diharapkan target perekaman e-KTP di Lombok bisa tercapai. Tertunya masyakakat juga harus memenuhi semua persyaratan pembuatan dokumen kependudukan.

"Berharap pencetakan e-KTP bisa dipercepat, karena blangko saat ini masih 14 juta yang belum digunakan," ujarnya.

Sedangkan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan GISA adalah program nasional yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Menurut statistik, dijelaskan Zudan, bahwa perekaman dan akte kelahiran Provinsi NTB sebelumnya berada di rangking 20 ke bawah. Namun sesuai data nasional, saat ini perekaman dan akte kelahiran NTB itu di rangking 17 dari semua provinsi di Indonesia.

"Akhir tahun 2018 ini perekaman dan akte kelahiran di NTB bisa masuk 10 besar nasional," harap Zudan Arif.

(mn-08)

^ KEMBALI KE ATAS

Kolom


www.MATARAMNEWS.co.id adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari
 Salam Redaksi

Selalu Terhubung :