Menu
Senin, 24 September 2018 | 10:07:09 pm

Ini Pesan Jokowi kepada Warga Terdampak Gempa di Lombok

Ini Pesan Jokowi kepada Warga Terdampak Gempa di Lombok

LOBAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi), didampingi Gubernur TGH Muhammad.Zainul Majdi (TGB) bertemu dan berdialog langsung dengan warga terdampak gempa Lombok, NTB.

Dialog berlangsung usai sholat Magrib berjamaah, di posko tenda pengungsian, di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat (Lobar), Minggu (2/9/2018).

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, mantan Gubernur DKI Jakarta tiba di lokasi sekitar pukul 18.25 Wita. Dalam dialog tersebut, Presiden menegaskan kembali, kehadirannya di NTB untuk memastikan proses penanganan pasca gempa, berjalan baik.

"Sejak gempa pertama, dalam satu bulan ini, sudah tiga kali," jelas Jokowi.

Presiden juga menyampaikan, sesuai laporan yang diterimanya, sebanyak 71.000 rumah mengalami kerusakan akibat gempa yang tidak hanya sekali itu. Sedangkan yang sudah terdata dan diverifikasi sebayak 19.000 unit rumah rumah.

"Saya minta kita semua bersabar, agar verifikasi ini betul-betul akurat," imbuh Jokowi.Sebab menurutnya, kalau salah dan keliru melakukan verifikasi, sementara uang sudah keluar, maka akan berakibat hukum bagi pejabat yang menanganinya.

"Tadi saya sudah serahkan 5.293 berupa tabungan yang 50 juta itu," jelas Jokowi.

Karena itu, Mantan Walikota Solo itu berpesan kepada warga masyarakat terdampak, untuk memanfaatkan dana tersebut untuk membangun rumah. Rumah yang dibangun akan diawasi Kementerian PUPR, Gubernur dan bupati/walikota. Rumah yang dibangunpun lanjut presiden harus yang tahan gempa. Mengingat, pada tahun 1979, Lombok pernah dilanda gempa bumi.

"Silahkan, mau bangun dengan dinding kayu, mau bangun dengan dinding bedek, silahkan," pesan Jokowi.

Usai berdialog, Jokowi bertandang ke Lapangan Gunung Sari, Lombok Barat. Jokowi berdialog dengan anak-anak yang berada di tenda pengungsian. Anak-anak yang sebagian besarnya adalah pelajar itu terlihat antusias menyambut presiden. Presidenpun mengajak anak-anak tersebut belajar bersama. Termasuk belajar berhitung.

"Terus belajar ya," pesan Jokowi kepada anak-anak.

Jokowi dan ribuan masyarakat kemudian melakukan nonton bareng siaran langsung penutupan Asian Games 2018.

(hms-ntb/mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom | Rilis Pers | Opini


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Redaksi

Selalu Terhubung :