Menu
Jumat, 17 Agustus 2018 | 1:51:39 am

MAN 2 Lobar Menuju Program Siswa Terampil Kompetitif dan Populis

MAN 2 Lobar Menuju Program Siswa Terampil Kompetitif dan Populis

LOBAR - Madrasah Aliah Negeri 2 (MAN 2) Lombok Barat yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 5 Gerung Lombok Barat (Lobar) yang telah berdiri sejak 9 tahun lalu dengan rintisan awalnya berupa Yayasan Swasta Bina Putra Insani.

"MAN 2 ini berdiri sejak 9 tahun yang lalu yang awalnya dirintis oleh Yayasan Bina Putra Insani, dan hingga saat ini telah menjadi sekolah Negri," kata Kepala MAN 2 Gerung, Drs H Nasri Anggara MA, diruang kerjanya Sabtu (3/6/2018) kemarin.

Dijelaskan H Nasir, pada tahun ajaran 2017-2018, MAN 2 Gerung telah meluluskan kembali dengan 100 persen kelulusan. Tahun ajaran 2018, MAN 2 akan menerima siswa dan siswi baru yang akan disesuaikan dengan analisa kebutuhan dan ketersediaan sarana dan prasarana sekitar 150 orang.

"Tahun 2018 dan tahun yang lalu telah mampu melaksana UNAS berbasis Computer. Dan termasuk juga ujian akhir berstandar Nasional berbasis komputer karena sarananya tersedia," katanya.

Untuk program tahun ini, menurut H Nasir, MAN 2 Gerung memiliki sejumlah potensi dan memiliki prospek yang menjanjikan. "Sehingga visi kita kedepan bagaimana mewujudkan MAN 2 Gerung Lombok Barat dengan program keterampilan yang Islami, Trampil, Kompetitif dan Populis menuju tahun 2024 mendatang.

Hal ini, kata dia, akan dapat diwujudkan dengan adanya dukungan pemerintah pusat melalui SBSN yang merupakan dana bergulir dari dana Hajji. Dan ketersediaan dana tersebut sudah ada. Hanya saja masih ada kendala berupa tanah hibbah milik PEMDA belum diserahkan kepada pihak KEMENAG sehingga prosesnya masih ditunggu.

"Kedepan menurut misi kami ingin mewujudkan hal tersebut untuk pembangunan asrama siswa, pembangunan unit-unit produksi dan pembangunan rumah promosi," jelasnya.

Agar MAN 2 ini memproduksi dan mempromosikan keahlian dan keterampilan siswa MAN 2 yang dilakukan pada tahun tahun mendatang. Dan secara akademik akan kita lakukan pembinaan untuk persiapan siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Bagi siswa yang telah memiliki keterampilan dan keahlian di bidang bidang yang ada, apabila tidak melanjutkan keperguruan tinggi karena keterbatasan biaya, maka dapat berkaktifitas dan berkreasi secara mandiri.

"Dibidang akademisi kami akan mempersiapkan program yang lebih unggul dan kompetitif dan juga dibidang extra kurikuler mereka akan dipersiapkan menjadi manusia yang trampil dan memiliki ketahanan nilai tawar dalam menghadapi tantangan globalisasi dan modernisasi dalam tatanan iman dan taqwa. Dan yang lainnya secara umum tentunya penerapan kepramukaan yang telah diindungi Undang Undang dalam rangka menanamkan cinta tanah air, disiplin dan bertanggung jawab, serta tegas dan berani," pungkasnya.

(mn-09)

^ KEMBALI KE ATAS