Menu
Jumat, 14 Desember 2018 | 10:48:59 am

IKIP Mataram Wisuda 612 Mahasiswa, Ijazah Gunakan PIN

IKIP Mataram Wisuda 612 Mahasiswa, Ijazah Gunakan PIN

MATARAM - IKIP Mataram kembali wisudakan sebanyak 612 mahasiswa program Sarjana Pendidikan dan Magister Pendidikan pada priode II Tahun Akademik 2017/2018. Ijazah menggunakan Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

Dengan rincian, Fakultas IImu Pendidikan (FIP) 151 orang dengan Program Studi Teknologi Pendidikan 37 orang. Bimbingan Konseling 69 orang. Adminsitrasi Pendidikan 37 orang dan Pendidikan Luar Sekolah 8 orang.

Selanjutnya, Fakultas Pendidilan Matematika dan IPA (FPMIPA) 169 orang dengan program studi Program Studi Pendidikan Biologi 58 orang. Pendidikan Maiematika 65 orang. Pendidikan Kimia 27 orang. Pendidikan Fisika 19 orang Kemudia Fakultas Pendidikan Olahraga dan Keschatan (FPOK) 145 orang terakhir Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) 147 orang dengan rincian Program Studi S1 Bahasa Inggris 144 orang dan $2 Bahasa Inggris 3 orang.

Menurut Rektor IKIP Mataram Prof. Kusno, DEA.Ph.D bahwa berdasarkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lulus dengan predikat Cukup Memuaskan 6 orang. Memuaskan 84 orang, Sangat Memuaskan 453 orang dan Dengan Pujian (Cum Laude) 69 orang

"Tiga orang Lulusan Terbaik diraih oleh Irwandi Putradiansyah IPK 3.84 (Cum Laude) Prodi Teknologi Pendidikan, Ni Putu Ngurah Febriani IPK 3,79 (Cum Laude) Prodi Administrasi Pendidikan dan Uswatun Hasanah IPK 3,75 (Cum Laude) Program Studi Pendidikan Fisika," jelas Prof. Kusno, dalam sambutannya pada acara wisuda yang digelar disalah satu hotel di Mataram, Sabtu (14/7/2018).

Pada kesempatan tersebut guru besar jebolan perguruan ternama di Prancis tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh orang tua yang telah mempercayakan anak-anak mereka belajar di IKIP Mataram.

Tidak itu saja, dihadapan para wisudawan dan wisudawati serta tamu undangan juga dipaparkan perkembangan terakhir kondisi IKIP Mataram seperti Akreditasi Institusi yang saat ini Terakeeditasi B (Sangat Baik), dan 10 Program Studi S1 juga Terakreditasi B (Sangat Baik) kecuali S2 Bahasa Inggris yang saat ini masih C dan sedang dalam persiapan pengajuan Raekreditasi ke BAN PT menuju Akreditasi A/B.

Selain tentang akreditasi, Rektor juga menyampaikan perkembangan SDM Dosen aktivitas dan aktivitas tri dharma. Saat ini semua Dosen berstatus Dosen Tetap Yayasan Pembina 1KIP Mataram berjumlah dengan Dosen kualifikasi akademik S3 13 orang, sedang menempuh S3, 34 orang dan S2 sebanyak 191 orang.

Tidak itu saja pada kesempatan tersebut juga dipaparkan terkait dengan kegiatan kemahasiswaan yang telah meraih prestasi diberbagai event baik nasional maupun internasional diantaranya dibidang olah raga dimana pada tahun 2018 atas Nama Safwatrurahman (FPOK) berhasil juara satu cabor lompat jauh di Korea Selatan.

Sementara itu guna untuk meningkatkan pelayanan terhadap para mahasiswanya saat ini sudah menggunakan layanan berbasis elektronik gunaja untuk memberikan kemudahan akses dan efisiensi proses sehingga setiap urusan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat.

Diantaranya pelayanan terbaru adalah Penomoran Ijazah Nasional (PIN), dan layanan ini digunakan oleh IKIP Mataram pertama kali diwisuda tahun ini.

Dimana PIN secara terbuka dapat diakses oleh siapapun melalui Sistem Verifikasi Ijazah secarah Elektronik (SIVIL) Dirjen pembelajaran dan kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Menurut Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, HL Rusmiady.SH.MM, bahwa penggunaan PIN tersebut IKIP Mataram yang pertama kali menggunakannnya diwilayah kopertis VIII. "PIN ini untuk menghindari pemalsuan ijazah, IKIP Mataram mempelopori pertama kali di Kopertis VIII kita pertama gunakan PIN," ucapnya.

Dimana sebelum dimasukkan dalam PIN data semua mahasiawa yang akan di wisuda harus benar dan memenuhi ketentuan yang kemudian dilakukan proses administratif dengan dimulai verifikasi ditingkat fakultas hingga instute selanjutnya disingkronkan dengan bersama operator Kopertis VIII dan inilah yang dijadikan rujukan untuk menentukan majasiswa yang berhak yudisium mengikuti wisuda dan memiliki PIN.

Pada kesempatan tersebut Gubernur NTB yang diwakili oleh Asisten Imhal megucapkan terima kasih dan penghargaan sebeesar-besarnya pada IKIP Mataram yang terus menerus melakukan hal hal yang positif dengan melahirkan wisudawan dan wisudawati baik pasca sarjana mauapun megister.

"IKIP Maataram sudah banyak peran dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di NTB," pungkasnya.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :