Menu
Senin, 10 Desember 2018 | 10:41:26 pm

Prodi Sosiologi Unram Menginternalisasi Budaya Cinta Lingkungan Sejak Dini

Prodi Sosiologi Unram Menginternalisasi Budaya Cinta Lingkungan Sejak Dini

MATARAM, MN -- Sebaagi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat Program Studi Sosiologi Universitas Mataram (Unram) bertema “Pemberdayaan Hunian Perkotaan melalui Role Models Urban Farming untuk Penguatan Ketahanan Pangan” dan “Penguatan Volunterisme dalam Gerakan Sosial Sadar Lingkungan”.

 Salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah menginternalisasi atau menanamkan cinta lingkungan sejak dini dengan sasaran anak-anak. Wujud kegiatan berupa penanaman pohon buah, gotong royong bersih lingkungan, dan berkarya dengan memanfaatkan botol bekas, bertempat dikompleks perumahan subsidi Dasan Geria Sejahtera, Lombok Barat, NTB, pada Minggu dan Senin (21-22/10/2018).

Menurut penyelenggara Pengabdian, Ika Wijayanti bahwa kegiatan yang dugelar sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat tersebut mendapat respon positif dari anak anak itu terlihat dari antusias membuat kerajianan tangan dari botol plastik yang tidak terpakai.

“Energi anak-anak ini perlu disalurkan pada kegiatan yang positif, salah satunya dengan memberdayakan kreatifitas mereka yaitu mendaur ulang barang yang tidak berguna menjadi barang bernilai seni,” ujar Ika seperti yang dikutif dalam rilis yang diterimah media ini pada Senin (22/10/3018).

Pada kesempatan tersebut ungkapnya, anak anak yang menjadi peserta juga diberikan kebebasan untuk memilih karya seni yang diinginkan dengan bimbingan dari Ika Wijayanti, Nila Kusuma, Solikatun, dan Khalifa Syuhada sebagai penyelenggara pengabdian.

Kegiatan tersebut juga mendapat respon positif dari perangkat desa seperti yang disampaikan oleh Kades Dasan Geria, M. Nawa Komtaresa S.S, mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Prodi Sosiologi Unram.

“Kami berharap, kegiatan seperti ini dilaksanakan secara kontinyu karena bermanfaat bagi anak-anak dan lingkungan,” paparnya.

Dengan bermodalkan botol plastik, cat akrilik, spidol, dan gunting, anak-anak bisa berkreasi membuat vas bunga, kotak pensil, dan celengan hewan lucu, sedikit sentuhan warna, anak-anak berkreasi membuat prakarya motif hewan dan tokoh lucu.

Akhmad Zarkasi selaku kepala RT perum Dasan Geria Sejahtera menyampaikan bahwa kegiatan ini pastinya sangat berkesan di hati anak-anak. Dengan kegiatan yang berkesan dan sesuai dengan porsi anak-anak maka internalisasi budaya cinta lingkungan akan lebih mudah diingat.

Ada banyak manfaat yang bisa digali dari kegiatan mendaur ulang sampah plastik ini bagi anak-anak yaitu, pertama internalisasi cinta dan peduli lingkungan. Kedua, mengajarkan anak untuk memilah sampah yang berdaya guna. Ketiga, meningkatkan kreativitas anak.

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan kesadaran bagi anak-anak tentang pentingnya cinta lingkungan sejak dini. ---(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :