Menu
Rabu, 13 Desember 2017 | 11:22:28 am

Lotim Berduka, Ini Desa-desa di Keruak dan Jerowaru yang Dihantam Banjir Bandang

Lotim Berduka, Ini Desa-desa di Keruak dan Jerowaru yang Dihantam Banjir Bandang

LOTIM - Hujan lebat yang melanda Lombok Timur (Lotim) mengakibatkan sejumlah desa terendam banjir. Sejumlah sungai di wilayah Lotim meluap, mengakibatkan banjir bandang.

Curah hujan tinggi beberapa hari terakhir, mengakibatkan jembatan Penendem desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Lotim, jebol karena tidak dapat menahan debit air tinggi, pada Sabtu (18/11/2017) sekitar pukul 17.30 Wita.

Jebolnya jembatan Penendem itu mengakibatkan jembatan Senange Sepapan meluap dan merendam beberapa kampung, diantaranya kampung Senange, Montonng Wasi, Penendem bagian selatan, desa Sepapan, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.


Berdasarkan informasi sementara, sebagian besar rumah yang berada dikampung tersebut, hanyut terbawa air luapan sungai Senange dan Penendem.

"Saat ini belum dapat dilakukan identifikasi adanya korban jiwa, namun kerugian material. Kemungkinan besar akan ada korban jiwa karena banjir bandang datang secara tiba-tiba dan warga sebagian besar berada dalam rumah," sebut sejumlah sumber informasi yang dihimpun media ini hingga Minggu (19/11/2017).

Banjir bandang yang melanda Lotim bagian selatan ini pun mengakibatkan akses jalan utama kabupaten Lotim dengan kabupaten Loteng atau jalur Keruak-Praya serta akses jalan dari Sepapan menuju Jerowaru juga menjadi lumpuh total.

Tim BPBD dan Personil Polri langsung melakukan langkah awal dengan membantu evakuasi warga. Sejumlah relawan dari berbagai elemen juga turut membantu korban banjir bandang yang melanda Lotim itu.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun media ini juga, hingga Minggu (19/11/2017), data sementara desa-desa di sejumlah kecamatan di Lombok Timur yang terendam banjir bandang sebagai berikut :

Kecamatan Keruak
- Desa Stungkep Lingsar
- Desa Batu Putik
- Desa Sepit
- Desa Senyiur
- Desa Lokon
- Desa Batu Rampes
- Desa Bintang Oros


Kecamatan Jerowaru
- Desa Sepapan
- Desa Penendem


Kecamatan Sakra Barat
- Desa gunung Rajak


Kecamatan Sakra
- Desa Suangi


Dari data yang dihimpun, dampak yang diakibatkan banjir bandang tersebut, sebanyak 50 rumah dari tidak kurang 500 rumah yang menjadi korban banjir bandang, mengalami rusak parah bahkan hanyut terbawa arus. Sedangkan korban meninggal satu orang anak usia 10 tahun di dusun Lokon Desa Sepit.

Sedangkan akses jalan terputus akibat empat jembatan jebol, yang juga mengakibatkan beberapa desa terisolir.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS